Tari Kele: Sebuah Gagasan Kreatif Neng Peking

Authors

  • Az-zahra Khairunnisa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia
  • Lilis Sumiati Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia
  • Farah Nurul Azizah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3561

Keywords:

Kreasi Baru, Kreativitas, Neng Peking, Tari Kele

Abstract

ABSTRAK

Tari Kele merupakan karya tari kreasi baru dari Kabupaten Ciamis yang diciptakan oleh Neng Peking pada tahun 2006 di Studio Titik Dua. Tarian ini merupakan tarian baru yang memuat nilai-nilai tentang fenomena budaya dari Upacara Adat Nyangku. Keunikan dari Tari ini yaitu menggunakan properti kele yang disimpan di atas kepala (disuhun) dan koreografinya dilakukan sambil menjinjit dengan memegang daun hanjuang. Hal tersebut menjadi daya tarik untuk diteliti lebih dalam dengan tujuan untuk mengetahui kreativitas Neng Peking dalam menciptakan Tari Kele. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Rhodes mengenai 4P yaitu (person, process, press, product) dengan menggunakan metode kualitatif dalam prosedur pengumpulan datanya dilakukan melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Neng Peking sebagai pribadi kreatif (person) dengan adanya pendorong internal dan eksternal (press) untuk melakukan sebuah proses kreatif (process) yang cukup panjang dapat menghasilkan produk kreatif (product) yaitu Tari Kele yang berkualitas. Kata Kunci: Tari Kele, Kreasi Baru, Kreativitas, Neng Peking

References

Amizah, Farah. (2015). Seni Tari Kontemporer. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kusminingsih, Endri. 2011. Koreografi Tari Katalu dalam Mata Kuliah Pergelaran Tari 2010. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Munandar, Utami, S.C. (2002). Kreativitas dan Keterbakatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iswatiningsih, Daroe. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah. Malang: Sawitka Universitas Muhammadiyah Malang.

Langer, Suzzane K. (2006). Problems of Art (Problematika Seni). Terjemahan F.X Widaryanto. Bandung: Sunan Ambu Press.

Liani, Lilis. (2002). Nilai-nilai Keislaman dalam tradisi Seni Gembyung di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 19(1). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Munandar, Utami. (2014). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rezza, Fahmi. (2017). Fungsi dan Mitos Upacara Adat Nyangku di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Ciamis: Vidya Mandiri.

Rosilawati, Riyana dan Ocoh Suherti. (2022). Kreativitas Muhammad Aim Salim dalam Penataan Tari Badaya Gaya Setia Luyu. Jurnal Panggung, 32 (1), 30-46.

Rosmiati, Ana dan Indy Rafia. (2021). Bentuk Tata Ruang Pentas Panggung Proscerium di Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta. Jurnal Ekspresi Seni. Surakarta: ISI Surakarta.

Rusdi. (2018). Implementasi Teori Kreativitas Graham Wallas dalam Sekolah Kepenulisan di Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy’ari Cabeyan Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Rusliana, Iyus. (2016). Tari Wayang: Khas Priangan Studi Kepenarian Tari Wayang. Bandung: STSI Bandung.

Rusliana, Iyus. (2012). Tari Wayang. Bandung: STSI Bandung.

Rhodes, M. 1961. “An Analysis of Creativity”. The Phi Delta Kappan.

Subayono. (2018). Bekal Menjadi Koreografer. Jurnal Makalangan, 5(2). Bandung: ISBI Bandung.

Sulistin, Murtisa. (2020). Kreativitas Ela Mujtiara dalam Tari Kanya. Jurnal Ilmu Budaya 17(1). Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Sumaryono & Suanda, Endo. (2006). Tari Tontonan. Jakarta: Kanti Sekretariatan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Sumiati, Lilis. (2021). Kreativitas Tari Yudhawiyata. Jurnal Panggung, 30 (1), 143-162.

Sulastuti, Katarina Indah. (2017). Tari Bedhaya Ela – Ela Karya Agus Tasman Representasi Rasa Budaya Jawa. Desertasi. Surakarta: UGM Yogyakarta.

Suparno, Paul. (2004). Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisus.

Widaryanto. F.X. (2009). Koreografi. Bandung: Jurusan Tari STSI.

Priyanto, Wien Pudji. (2004). Diktat Kuliah Tata Teknik Pentas. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Khairunnisa, A.- zahra, Sumiati, L., & Azizah, F. N. (2024). Tari Kele: Sebuah Gagasan Kreatif Neng Peking. Panggung, 34(3), 401–417. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3561

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.