STRUKTUR MODAL PIERRE BOURDIEU PADA PELAKU KREATIF GRAFIS FASHION BANDUNG

Penulis

  • Wanda Listiani Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, Indonesia
  • Heddy Shri Ahimsa-Putra Universitas Gadjah Mada, Indonesia
  • G. R. Lono Lastoro Simatupang Universitas Gadjah Mada, Indonesia
  • Yasraf Amir Piliang Institut Teknologi Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/atrat.v1i1.404

Abstrak

Modal biasanya dipahami dalam term ekonomi, padahal menurut teori Modal Pierre Bourdieu terdapat 4 jenis modal yaitu modal sosial, modal ekonomi, modal budaya dan modal simbolik. Hubungan kepemilikan modal antar pelaku kreatif maupun relasinya dengan pelaku yang lain menentukan posisi pelaku kreatif di arena tertentu dan menjelaskan hubungan kekuasaan pelaku. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal ditentukan oleh 6 arena yaitu arena industri fashion, arena fashion show, arena pameran/ instalasi, arena pertunjukan, arena perlombaan desain dan arena komunitas. Struktur modal menjadi pembentuk diferensiasi dan arena menjadi tempat atau lokasi terjadinya praktik diferensiasi grafis fashion.

Kata Kunci: Pierre Bourdieu, Modal, Grafis Fashion, Bandung

Biografi Penulis

Heddy Shri Ahimsa-Putra, Universitas Gadjah Mada

Program Studi Kajian Budaya dan Media

G. R. Lono Lastoro Simatupang, Universitas Gadjah Mada

Program Studi Kajian Budaya dan Media

Diterbitkan

2013-01-25

Cara Mengutip

Listiani, W., Ahimsa-Putra, H. S., Simatupang, G. R. L. L., & Piliang, Y. A. (2013). STRUKTUR MODAL PIERRE BOURDIEU PADA PELAKU KREATIF GRAFIS FASHION BANDUNG. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 1(1). https://doi.org/10.26742/atrat.v1i1.404

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>