Pembelajaran Seni Budaya Indonesia dalam Nuansa Interkultural Program Internasional “Darmasiswa” di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung

Authors

  • Enok Wartika
  • Yanti Heriyawati

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v24i3.121

Abstract

ABSTRACT

 

STSI Bandung is one of the higher education institutions participating in the government’s pro- gram of international cultural promotion “Darmasiswaâ€. “Darmasiswa†is a program of cultural di- plomacy aims at improving cooperation with countries which have diplomatic relationships with Indo- nesia and promoting good image of Indonesia among people of other countries. This paper is a study of transfer process of art learning in the cultural diversity of the “Darmasiswa†participants. This study used a qualitative approach with the case study method. The complexities of multicultural interac- tion are found in the process. Those complexities include trans-cultural communication, international communication and cross-cultural communication. Multicultural arts learning process is delivered in a variety of learning methods. Attractiveness and uniqueness of the art teaching materials  is a force that can help to bridge any cultural differences among the participants of the international student program.

 

Keywords: darmasiswa, intercultural communication, promotion, culture

 

 

 

 

ABSTRAK

 

STSI Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berpartisipasi dalam program promosi budaya internasional pemerintah “Darmasiswaâ€. “Darmasiswa†adalah pro- gram di bawah  diplomasi kebudayaan yang tujuannya untuk lebih meningkatkan hubungan kerja antar negara, sekaligus guna menanamkan image yang baik tentang Indonesia di mata dunia. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap   proses penyelenggaraan program “Darmasiswa†dalam mentransfer pembelajaran seni Indonesia yang pesertanya memiliki ke- beragaman latar belakang budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Di dalam prosesnya ditemukan hal menarik yaitu kompleksitas interaksi multikultural  di antaranya; komunikasi interkultural, komunikasi internasional, dan komu- nikasi lintas budaya. Proses pembelajaran seni bernuansa multikultural ini telah memadukan berbagai metode pembelajaran. Daya tarik dan keunikan materi ajar kesenian,  diharapkan mampu membantu  menjembatani segala perbedaan budaya di antara mahasiswa internasi- onal.

 

Kata kunci: Darmasiswa, komunikasi interkultural, promosi, budaya

References

Alo Liliweri

Makna Budaya dalam Komunikasi An- tar Budaya. Jogjakarta: LkiS

Devito, Joseph

Human Communication the Basic Course. New York: Harver Collins Publihers

Deddy Mulyana

Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosda Karya

Hamailk Oemar

Psikologi Belajar Mengajar. Cet. III.

Bandung: Sebar Baru Algensinso

Koentjaraningrat

Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru

Jalaluddin Rakhmat dkk.

Komunikasi Internasional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Onong Uchyana Effendy

Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung: Remadja Rosda Karya

Tjetjep Rohidi Rohendi

Ekspresi Seni Orang Miskin. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia, Bandung

Saini KM

Taksonomi Seni. Bandung: STSI Press

Wiseman, Richard

Intercultural Communication Theory.

London, New Delhi: Sage Publication

Yusmar Yusuf

Psikologi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosda Karya, Bandung

Webtografi:

http://www.colorado.edu/conflict/peace/

treatment/commimp.htm

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Wartika, E., & Heriyawati, Y. (2014). Pembelajaran Seni Budaya Indonesia dalam Nuansa Interkultural Program Internasional “Darmasiswa” di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Panggung, 24(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v24i3.121

Citation Check