Ngabandungan Banda Indung Interpretasi Kepercayaan Masyarakat Sunda Rancakalong melalui Seni Visual

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v30i2.1204

Abstract

ABSTRACT
Indung (mother) in Sundanese culture is not only meaningful as a mother who gives birth, but has a broad
meaning and contains motherhood. Sundanese people have a tradition of appreciating the indung, seen
from the mention of the indung in Paribasa, Babasan, Carita Pantun, and mythology. The maternal nature
of Sunan Ambu, Dayang Sumbi and Nyi Sri Pohaci, was placed in the highest position as a glorification
of the indung. The results of the study showed that the philosophy contained in the traditional ceremony
of Ngalaksa in Rancakalong, Sumedang, contains the meaning of broad indung, interpreted into the form
of visual artwork “Ngabandungan Banda Indung”, based on the problem of interpretation the meaning
of the mother in visual artwork has been limited to mothers who give birth. Using the Art Based Research
method, the creation of research-based artwork. Aimed at interpretation of the wider meaning of the land
in the form of the depiction of the banda indung (mother’s wealth) such as rice plants, honje, Kawung,
Kalapa, jagong, with the depiction of batik, using glass painting techniques.

Keywords: Art Based Research, Banda Indung, Nyi Sri Pohaci, Rancakalong, Visual Art

ABSTRAK


Indung (ibu) dalam budaya Sunda tidak hanya bermakna sebagai ibu yang melahirkan, tapi
memiliki makna yang luas dan mengandung sifat keibuan. Masyarakat Sunda memiliki tradisi
lebih menghargai indung, terlihat dari penyebutan indung pada paribasa, babasan, carita pantun,
dan mitologi. Sifat keibuan terdapat pada Sunan Ambu, Dayang Sumbi, dan Nyi Sri Pohaci,
ditempatkan pada posisi tertinggi sebagai pemuliaan indung. Hasil penelitian menunjukkan
falsafah yang terkandung dalam upacara adat Ngalaksa di Rancakalong, Sumedang,
mengandung makna indung yang luas, diinterpretasikan ke dalam bentuk karya seni visual
Ngabandungan Banda Indung, berdasarkan permasalahan interpretasi terhadap makna ibu dalam
karya seni visual selama ini terbatas pada ibu yang melahirkan. Menggunakan metode Art
Based Research, penciptaan karya seni berbasis penelitian. Bertujuan sebagai interpretasi makna
indung yang lebih luas berupa penggambaran banda indung (kekayaan Ibu) seperti tanaman
padi, honje, kawung, kalapa, jagong, dengan penggambaran batik, menggunakan teknik lukis
kaca.


Kata Kunci: Art Based Research, Banda Indung, Nyi Sri Pohaci, Rancakalong, Seni Visual.

Author Biography

Rini Maulina, Universitas Komputer Indonesia

Magister Desain

Fakultas Pascasarjana Universitas Komputer Indonesia

References

Daftar Pustaka

Adriati, Ira. (2001). Kultur Padi: Menelusuri

Penghormatan Terhadap Nyi Pohaci

Sanghyang Sri. Museum Nasional.

h t t p : / / r e p o s i t o r i . k e m d i k b u d . go.id/10928/1/kultur%20padi.pdf

Art Encyclopedia Visual Arts of Painting:

Sculpture: Architecture Photography:

Ceramics and other crafts. (n.d.).

Retrieved from http://www.visual-artscork.

com/

Djunatan, Stephanus. (2013): Kekosongan

yang Penuh: Sebuah Tafsiran Atas

Kosmologi Sunda. Melintas. 29.3.2013

(288-314).

Heryana, Agus. (2006): Indung, Konsep dan

Aktualitas Perempuan Sunda. Balai

Pelestarian Nilai Budaya, Bandung.

Heryana, Agus. (2012): Mitologi Perempuan

Sunda. Patanjala Vol. 4 No. 1. https://

c o m m o n s . w i k i m e d i a . o r g / w i k i /

File:Indonesia_West_Java_location_

map.svg

Hudaya, D., Rahayu, L. M., & Hazbini,

H. H. (2015). Aktualisasi Mitos

“Sangkuriang” dan “Lutung

Kasarung” dalam Novel “Déng” Karya

Godi Suwarna. Panggung, 25(4). doi:

26742/panggung.v25i4.44

Jamaludin. (2011): Konsep Estetika dalam

Budaya Rupa Sunda Sebuah Kajian

Awal. International Seminar on

Reforming and Transforming

Sundanese Culture. Faculty of Letters

Universitas Padjadjaran. Jatinangor,

-10 Januari. http://lib.itenas.ac.id/kti/

wp-content/uploads/2012/03/makalah-

Konsep-Estetika-Sunda-unpad.pdf

Komunitas padi. (2001). Santap Malam

Bersama Sri Pendekatan Karya :

Antropologis, Etnografis, Sosiologis.

Museum Nasional. http://repositori.

kemdikbud.go.id/10928/1/kultur%20

padi.pdf

Leavy, Patricia. (2015): Second Edition, Method

Meets Art, Art Based Research Practice.

The Guilford Press. New York. London.

Leavy, P. (2013). Fiction as research practice:

Short stories, novellas, and novels.

Walnut Creek, CA: Left Coast Press

Listiani, W., Ahimsa-Putra, H. S.,

Lonolastorosimatupang, G.,

& Piliang, Y. A. P. A. (2013).

Regenerative-Relational Tritangtu:

Sundanese Triadic Transformation

Model. Panggung, 23(2). doi: 10.26742/ panggung.v23i2.91

Maulina, Rini dan Sabana, Setiawan. (2018):

Sundanese Colors. Proceeding of

International Conference on Business,

Economic, Social Science and

Humanities (ICOBEST 2018). ISBN 978-

-6252-611-2. https://doi.org/10.2991/

icobest-18.2018.77

Prawira, Nanang Ganda. (2017): Pamandangan

Reka Hias Baduy: Fungsi, Bentuk, Motif,

Simbol, di Desa Kanekes, Kecamatan

Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Jawa

Barat. Bintang warli Artika, Bandung.

Ramadhan, S.M. (2019, September 24).

Triennale Basuki Abdullah art

award Usung Tema Remitologisasi.

medcom.id. https://www.medcom.

id/pendidikan/news-pendidikan/

yNL7goPK-triennale-basuki-abdullahart-

award-usung-tema-remitologisasi

Ridwan, S., & Abdulgani, F. (2012). Penulisan

Cerita Budug Basu di Kalangan Keraton

Cirebon. Manuskripta, Vol.2 No. 1, 119-

doi:10.33656/manuskripta.v2i1.30

Rosidi, Ajip. (2005): Babasan & Paribasa:

Kabeungharan Basa Sunda. Kiblat

Buku Utama. Bandung.

Rusyana. (2016, December 8). bpnbbandung.

Retrieved from https://kebudayaan.

k e m d i k b u d . g o . i d / b p n b j a b a r /

upacara-adat-ngalaksa-di-kabupatensumedang/

Saptono, N. (2014). Geografis Kota Majalengka

dalam Kaitannya dengan Konsep

Bentuk Lahan dan Tata Kota. City of

Majalengka Geographic in Conjunction

with Landform and Lay Out.

PURBAWIDYA: Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Arkeologi, 3(1), 27. doi:

24164/pw.v3i1.5

Sumardjo, Jakob. (2009): Kosmologi dan Pola

Tiga Sunda. Jurnal Imaji. Vol.4. No. 2.

Web 01-09-2018.

Sunarya, Yan yan. (2018). Adaptasi Unsur

Estetik Sunda pada Wujud Ragam Hias

Batik Sunda. Jurnal Visual Art. Vol. 10

No. 1 (27-51). ITB Journal Publisher.

ISSN: 2337-5795. DOI: 10.5614/j.

vad.2018.10.1.3

Supriadi, Dedi. (2011). Tradisi Pembacaan

Naskah Nyi Sri Pohaci di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang,

Jawa Barat. Manuskripta, 1(2), 31-41.

doi:10.33656/manuskripta.v1i2.16

Tohari, Heri Mohamad. (2013): Feminisme

Sunda Kuno: Studi Interpretasi Kritis

Akulturasi Nilai-nilai Kesetaraan

Gender Sunda-Islam Dalam Carita

Pantun Sri Sadana. Jurnal Etika dan

Pekerti. Vol. 1. No. 2

Yura, Alya (2018). Lukisan “Dewi Sri” (2018,

October 15). Informasi Lukisan

Indonesia. https://

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Maulina, R., Sabana, S., Damayanti, N. Y., & Muhtadin, T. (2020). Ngabandungan Banda Indung Interpretasi Kepercayaan Masyarakat Sunda Rancakalong melalui Seni Visual. Panggung, 30(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v30i2.1204

Citation Check