Konsep “Nyari” dalam Ranah Estetika Pertunjukan Wayang Golek
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v22i4.67Abstract
ABSTRACT
This paper is a part (portion) of one topic of dissertation research by the author as a preparation for the final exams of doctoral program. The focus of the study in this paper is directed to study aspects of the aesthetic values of the elements contained in the puppet show as a puppeteer working area in performing his style. The aesthetic analytical theory which is used in this study is the concept of "Nyari" that may indicate the value or aesthetic qualities of an art work. The aesthetic reality that can be found in the form of a working of a puppet show as the result of the puppeteer creative manner, indicates the wealth of traditional values as a priceless source of artistic inspiration for the artists-creators.
Keywords: Wayang Golek, concept of “Nyari”, performance working
ABSTRAK
Tulisan ini merupakan sempalan (bagian) dari salah satu topik bahasan hasil penelitian disertasi yang penulis lakukan sebagai bahan persiapan menempuh ujian akhir program doktor. Fokus pengkajian pada tulisan ini diarahkan kepada aspek penelaahan nilai-nilai estetik yang terdapat pada unsur-unsur pertunjukan wayang golek sebagai aspek wilayah garap dalang dalam menyajikan gaya pertunjukannya. Pisau bedah analisis estetik yang dijadikan pemberangkatan pada pengkajian ini adalah konsep “nyari” yang dapat menunjukkan nilai atau kualitas estetik dari sebuah karya seni. Realitas estetik yang dapat dijumpai pada bentuk garap pertunjukan wayang hasil dari olah kreatif seorang dalang tersebut, mengindikasikan kekayaan nilai-nilai tradisi sebagai sumber inspirasi berkesenian bagi para seniman-kreator yang tak ternilaikan keberadaannya.
Kata kunci: wayang golek, konsep “nyari”, dan garap pertunjukan
References
Cahya.
”Asep Sunandar Sunarya: Tokoh dan Kreator Pedalangan
Sunda”, Tesis S-2 pada Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah
Mada, Yogyakarta.
.
---, 2005 ” Praktek Dasar Pedalangan Sunda, (Jakarta: SENAWANGI), 13.
Feinstein, Bambang Murtiyoso, Kuwato, dan Sudarko (ed.).
Lakon Carangan, Jilid I. Surakarta: Proyek Dokumentasi Lakon
Carangan Akademi Seni Karawitan Indonesia.
Hadiprayitno, Kasidi.
Filsafat Keindahan, Suluk Wayang Kulit Purwa Gaya Yogyakarta.
Yokyakarta: Bagaskara.
Hamzah, Amir.
Nilai-Nilai Etis Dalam Wayang. Jakarta: Sinar Harapan.
Hidayat Suryalaga.
Kasundaan Rawayanjati, (Bandung: sundaNet.com-Wahana Raksa
Sunda), 54.
Irawan, Endah.
”Komparasi Senggol Sinden Populer Di Jawa Barat: Hj. Idjah Hadidjah, Cicih Cangkurileung dan Cucu Setiawati”. Tesis S-2 pada Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.
Murtiyoso, Bambang.
Seni Pedalangan (Jawa): Unsur-unsur Pokok. Surakarta: ASKI.
Murtiyoso, Bambang, Waridi, Suyanto, Kuwato, dan Harijadi Tri Putranto.
Pertumbuhan dan Perkembangan Seni Pertunjukan Wayang. Sura- karta: Citra Etnika.
Salmun, M.A.
Padalangan. Jakarta: Balai Pustaka. Saputra, Tutun Hatta,
“Ikhtisar Kehidupan Seni Pertunjukan Wayang Golek Purwa”
Makalah Pada Diskusi Rood To Bandung Wayang Festiva 2011, Bandung.
Sarumpaet, Riris K.
Istilah Drama dan Teater. Jakarta: Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas
Sastra Universitas Indonesia.
Sugeng Nugroho.
Seni Dalam Dimensi Bentuk, Ruang dan Waktu,(Jakarta: Wedatama
Widya Sastra), 19.
S. Prawiroatmodjo.
Bausastra Jawa–Indonesia, Jilid I (Jakarta: Gunung Agung), 286.
Soetarno.
Pakeliran Pujosumarto, Nartosabdo, dan Pakeliran Dekade 1996–2001.
Surakarta: STSI Press.
------------.
Pertunjukan Wayang & Makna Simbolisme. Surakarta: STSI Press.
Soetarno, Sunardi, dan Sudarsono.
Estetika Pedalangan. Surakarta: ISI Surakarta.
Sudjiman, Panuti (ed.).
Kamus Istilah Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.
Supanggah.
Bothekan Karawitan II: GARAP. Surakarta: Prog.Pasca Sarjana-ISI
Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.