Inovasi Produk Suvenir Destinasi Wisata Kearifan Lokal Sebagai Peluang Usaha Masyarakat Adat

Authors

  • Ai Juju Rohaeni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia
  • Dede Ananta K P Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3563

Keywords:

Inovasi Produk Suvenir, Ikon Kearifan Lokal, Pariwisata, Peluang Usaha

Abstract

ABSTRAK

Inovasi produk suvenir berwawasan budaya lokal masyarakat adat, memberikan peran penting untuk mempertahankan dan mewariskan juga turut mempromosikan kearifan lokal masyarakat adat ke dunia luar. Kearifan lokal ini merujuk pada nilai-nilai tradisi lokal dan filosofi yang menjadi kekuatan positif pelestarian budaya. Hal tersebut menjadi ide dalam pengembangan produk suvenir khas. Inovasi bahan, teknik, fungsi, desain, dan motif produk suvenir digali dari ikon masyarakat adat Mahmud Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat dan Masyarakat Adat Cinta Dame Batak Toba Sumatera Utara, menjadi perpaduan dua budaya, dalam upaya membuka peluang usaha baru dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat adat dan pemerintah daerahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menambah kreatifitas yang berkelanjutan, agar produk suvenir menjadi daya tarik bernilai jual untuk kebutuhan pariwisata. Metode Kualitatif deskriptif dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data survey, wawancara, eksperimen dan produksi membuat Model produk suvenir. Hasil akhir dari penelitian ini memberikan alternative model produk khas yang melalui pengkajian dari kearifan lokal dua masyarakat adat, untuk dikembangkan berbagai usaha yang dapat meningkat kesejahteraan dan ekonomi. Kata Kunci: Inovasi Produk Suvenir, Ikon Kearifan lokal, Pariwisata, Peluang Usaha

References

Andini, Susanti Puri,dkk.,(2023) Analisis Bentuk Produk Keramik.Studio Mandiri dengan Tema Tradisi Lokal Indonesia melalui Pendekatan ‘Atmics’.Jurnal Seni Budaya Panggung. Vol.33 No.4(2023).

Andriani, Dwi Retno,(2012), Kreativitas dan Inovasi. Modul 6. Malang, Universitas Brawijaya.

Diharti, Awan Kostrad,(2022),Manajemen Inovasi dan Kreativitas, Yoyakarta, Gerbang Media.

Hehanussa, Akib dkk.,(2023), Tradisi Pasawari; Sebuah Pedoman Pengembangan EthnoEcotourism di Kali Ama Negeri Hualoy,Pulau Seram Maluku, Panggung Jurnal Seni Budaya,Vol.33 No.3(2023).

Herdiyana, Husen,(2019), Metodologi Penelitian Penciptaan Karya, Yogyakarta, Andi..

Lestari, Luluk,dkk.,(2021), Analisa SWOT Potensi dan Daya tarik Wisata Osing Kemiren dalam rangkan Pengembangan Desa Adat Osing Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021,Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol.13, No.2(2021).

Kasiran,Moh.,(2014), Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif, Yogyakarta, Sukses Offset.

Mesran,dkk(2023),Penciptaan Lampu Hias Berbasis Seni Etnik Batak, Jurnal Seni Budaya Panggung,Vol.33,No.4(2023).

Mutaqin,Z.dkk.,(2018) Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Kesepuhan Adat Banten Kidul Kabupaten Sukabumi. Religious,Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 2,2 (2018)..

Palimbunga, Ika Pujiningrum(2012) Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata di Kampung Wisata Tablanusu Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Melanesia.Jurnal Ilmiah Kajian Sastra dan Bahasa Vol.01.No.02 Feb.2012.

Priyatno, dkk. (2023), Pengembangan Potensi Desa Sebagai Destinasi Wisata Budaya;Tinjauan Terhadap Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari kab.Bogor Jawa barat.Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, Vol 1,No.2 article 8.

Rahib. Muhammad,(2017), Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. Jurnal Kepariwisataan Vol.01 No.02 Agustus 2017.

Rosilawati, Riyana Dkk.,(2023) Relevansi Ide, Konsep dan Bentuk dalam Proses Kreatif

Karya Tari “Gandrung Liwung”” Inspirasi Merak, Panggung Jurnal Seni Budaya, Vol.33,No.1(2023)

Sabatari, Widyabakti,(2012) Pengembangan Desain Suvenir Dan Aksesoris Dari Kulit Salak Di Industri Kerajinan, Seminar Nasional,Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi UKG Jur.PTBBTT UNY, 15 Desember 2012.

Saputri, Retno Wulan Ayu,dkk.(2022) Hubungan Tradisi Rewang Budaya Bekerja, dan Modal Sosial pada Masyarakat Multi Etnis di Kab. Oku Timur. Jurnal Budaya Etnika, Vol.6 No.2 Desember2022. .

Sunarya,Abas Dkk.,(2010), Kewirausahaan ,Yoyakarta, Andi.

Susandi, Ari,Dkk. (2016), Pengimplementasian Pendidikan Karakter Terhadap Budaya daerah Untuk Melestarikan Kearifan Lokal dalam Menghadapi MEA’. Prosiding Semnas Pendidikan 2016, 17 Desember 2016,Vol.1.

. Wahyuni, Dian Eka,dkk.(2016), Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk karakter Bangsa. Prosiding.Semnas Pengembangan Pendidikan karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA 17 Desember 2016.

Wijaya Ahmad Alim,dkk(2021), Nilai-Nilai Kearifan Lokal Rumah Adat Kajang Lako Di Jambi.Jurnal Pendidikan Sejarah Crikerta Vol.1 10(1) Februari 2021.

Wiriatama, Gusti Ngurah Adi Dkk.,(2021) Peluang dan Tantangan Pengembangan Suvenir Desa Wisata Berbasis Kerajinan Lokal Masyarakat Pariwisata. Journal Of Community Service in Tourism. Vol.2 No.2.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Rohaeni, A. J., & Ananta K P, D. (2024). Inovasi Produk Suvenir Destinasi Wisata Kearifan Lokal Sebagai Peluang Usaha Masyarakat Adat. Panggung, 34(3), 448–466. https://doi.org/10.26742/panggung.v34i3.3563

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.