Strategi Pemasaran Tato oleh Seniman Tato Semarang dalam Perkembangan Gaya Hidup
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v31i1.1532Abstract
Tato mengalami dialektika perkembangan mengikuti zaman. Bagi seniman tato, tato merupakan ekspresi diri dalam melahirkan karya seni. Mereka berekspresi melalui tato. Terjadi tarik menarik, antara stigma negatif di masyarakat yang dilekatkan pada pengguna tato, sekaligus menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Dalam situasi dilametis semacam itu diperlukan sebuah strategi tertentu bagi Seniman tato Semarang untuk memperkenalkan, memfamiliarkan, kemudian memasarkan tato kepada pengguna tato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran mengenai manajemen pemasaran kepada para seniman tato di Semarang, tidak hanya itu penulis juga ingin memberikan pengetahuan tentang menajemen komunikasi yang dapat membangun hubungan baik dengan para pelanggan. Penulis melakukan observasi dan wawancara langsung kepada seniman tato untuk menggali informasi terkait dengan tato di Semarang. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya gambaran atau deskripsi tentang strategi pemasaran tato oleh seniman tato yang ada di Semarang.
Kata Kunci: Tato, Pemasaran, Seniman Tato
References
Adnyana, I. M. D. S. (2018). Tato “Radjah”
dalam Perspektif Hindu. Bali: Nilacakra.
Al Malaky, E. (2003). Why Not? Remaja Doyan
Filsafat. Bandung: Bunaya Kreatifita.
Bungin, B. (2007). Analisis Data Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Haryaningsih Dewi, Mumuh, M. Z, Gugun
Gunardi, (2014), Kajian Psikologi
Individual Dalam Penggambaran Toko
Drama Mainan Gelas Karya tennesse
Williams, Panggung, Vol. 24, No.1,
Maret 2014
Kotler, Philip, (2002), Manajemen Pemasaran
: Edisi Milenium, Jilid I, Jakarta :
Prenhallindo.
Nugraheni, P. N. . (2003). Perbedaan
Kecenderungan Hidup Hedonis pada
Remaja ditinjau dari Lokasi tempat
Tinggal. Surabaya: UNAIR.
Olong, H. A. K. (2006). Tato. Yogyakarta: Pelangi Aksara.
Rismiati E, C., & Suratno, B. (2001). Pemasaran
Barang dan Jasa. Yogyakarta:
Kanikasius.
Sardiman. (2007). Sejarah 1. Yogyakarta:
Yudistira.
Sugihartati, R. (2014). Perkembangan Masyarakat
Informasi dan Teori Sosial Kontemporer.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suharno, (2015), Seni Dalam Bingkai Budaya
Mistis Nilai Life Force dan Transformasinya
ke Budaya Ontologis, Jurnal Panggung,
Vol. 25, No. 3, September 2015
Tri Wahyudi, A. (2013). Segmentation,
Targetting, dan Positioning Studio Tato
di Surabaya dalam Perkembangan Gaya
Hidup. Jurnal Nirmana.
Umar Ryan Hardian (2018). Makna Tato di
Kalangan Pengguna Tato di Kota Palu.
Jurnal UNTAD.
Wijayaputra Ngurah Wisnu & Wibisono C.
(2013) Handoyono, Perbandingan Gaya
Hidup Etnis Cina Dan Bali Di Yogyakarta,
Jurnal OJS (Modus), Vol. 25, No. 1, 2013
Wardhana Daniel Yudistya, (2016), Pengaruh
Kreadibilitas Endorse Pada Niat Beli
Konsumen dan Tingkat Kepercayaan Iklan,
Jurnal OJS (Kinerja), Vol. 20, No. 1, 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.