MITOS EYANG PAPAK DI DESA CINUNUK, KECAMATAN WANARAJA, KABUPATEN GARUT
DOI:
https://doi.org/10.26742/jbe.v7i2.2870Keywords:
Mitos, Eyang Papak, Struktur Luar, Struktur DalamAbstract
References
Buku:
Adler, PatriciaA dan Adler Peter. (1987). Membership Roles in Field Research. Newbury Park, CA: Sage Publication.
Danandjaja, James. (1984). Folklor Indonesia:Ilmu gosip, dongeng dan lain-lain. Jakarta:Grafiti Pers
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Center for academic Publishing Service
Pradoko, Susilo. 2017. Penerapan Paradigma Strukturalisme Levi Strauss dalam Menganalisa Fenomena Seni Pertunjukan (Paradigma Metode Penelitian Kualitatif "Keilmuan Seni, Humaniora, dan Budaya"). Yogyakarta: UNY Press
Pradoko, Susilo. 2017. Metode Penelitian Kajian Mithos (Paradigma Metode Penelitian Kualitatif "Keilmuan Seni, Humaniora, dan Budaya"). Yogyakarta: UNY Press
Pudjitriherwanti, dkk. (2019). Ilmu Budaya: Dari Strukturalisme Budaya sampai Orientalisme Kontemporer. Banyumas: Rizquna
Satori, Djaman dan Aan Komariah. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius
Setyobudi, Imam. 2020. Metode Penelitian Budaya: Desain Penelitian dan Tiga Model Kualitatif (Life History, Grounded Theory, Narrative Personal). Bandung: Sunan Ambu Press.
Setyobudi, Imam. 2013. Paradoks Struktural Jakob Sumardjo: Menggali Kearifan Lokal Budaya Indonesia. Bandung: Kelir.
Setyobudi, Imam. 2001. Menari di antara Sawah dan Kota. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Suhadi, Machi dan Halina Hambali. (1994). Makam-makam Wali Sanga di Jawa. Jakarta: Departmen Pendidikan dan Kebudayaan
Sumardjo, Jakob. 2015. Sunda: Pola Rasionalitas Budaya.Bandung: Kelir
Jurnal:
Harahap, M Aprilinda dan Leli Ramadhani. (2019). Mitos Sumur Luber dalam Pandangan Masyarakat Desa Perkebunan Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Asahan. Jurnal UINSU, Vol 2, No 1
Lambek, M. (2002). A Reader In The Anthropology of Religion. USA: Blackwell Publishing Ltd
Permata, A Bagus.2015. Teori Generatif-Transformatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Emprisma Vol 24, No. 2
Rosmana, Tjejep. (2009). Budaya Spiritual terhadap persepsi peiarah pada makam keramat leluhur Sumedang. Bandung: Jurnal Patanjala, Vol 1, No 3
Roibin. (2007). “Agama dan Mitos: Dari Imajinasi Kreatif Menuju Realitas yang Dinamis.”. Jurnal Budaya Islam, Vol.9, No 3.
Sari, P Mita dan Nugroho Trisnu Brata. (2018). Hubungan antara Mitos Pageblug dan Tradisi Apitan pada Masyarakat Jawa di Semarang. Jurnal UNS, Vol 19, No 2
Sugiharto, Agus dan Ken Widyatwati. 2012. Legenda Curug 7 Bidadari (Kajian Strukturalisme Levi Strauss). Jurnal sastra dan Ilmu Budaya UNDIP Vol 1, No 2
Wahidmurni. (2017). “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”. Jurnal UIN Malang
Yunarti, dan Winda Rahmadani. (2017). Nilai Edukasi Mitos dan Relevansinya dengan Penanaman Nilai pada Keluarga Minangkabau Kontemporer: Tinjauan Awal. Jurnal Antropologi, Vol 19
Zainurrahman. 2016. Peran Pikiran Bawah Sadar (Subconscious Mind) dalam Proses Menulis dan Pembelajaran Naratif. Ternate Selatan: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan Gramatika Volume IV, Nomor 1
Skripsi:
Rizky, Luffita. (2019). “Simbol Kepemimpinan Malim dalam Seni Reak Kuda Lumping Grup Putra Pewaris”. Skripsi Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung.
Sundari, A Tursina. 2017. Struktur dan Fungsi Rombiya dalam Upacara Nopahtung Suku Dayak UUD Danum. Yogyakarta: Skripsi Universitas Sanata Dharma
Utari, Hananing Uwanda. (2018) Makna Mitos Larangan Orang Tua/ Pamali Di Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Kediri: Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Wibowo, Andi Afif. 2011. Persepsi Masyarakat Terhadap Mitos Air Tiga Rasa di Lingkungan Makam Sunan Maria. Semarang: Skripsi
Tesis:
Ahmad, M. 2011.Agama dan Psikoanalisa Sigmun Freud. Pekalongan: Jurnal Religia Vol 14, No. 2Akbar, Taufik. (2016). Mitos Orang Nagari Maninjau dalam Kajian Strukturalisme Levi-Strauss. Padang: Tesis Universitas Andalas
Dandirwalu, Resa. 2006. Mitos Asal-usul Orang Nias dalam Konteks Masa Kini. Yogyakarta: Tesis Pascasarjana Program Studi Antroplogi Budaya UGM
Kurniawati Lailiyah, Dewi. (2015). Makna Mitos Nama Desa dan Implikasinya dalam Interaksi Sosial Masyarakat Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Surabaya: Tesis UIN Surabaya
Nugraeni, Desiana. (2014). Cerita Makam Kyai Raden Santri (Pangeran Singasari) Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Tesis program Bahasa dan Seni UNY Yogyakarta
Disertasi:
Setyobudi, Imam. (2020). Komodifikasi Revitalisasi Tradisi di Cihideung, Kabupaten Bandung Barat: Analisa Produksi-diri Masyarakat. Program Studi Doktor Antropologi Pasca Sarjana FISIP Universitas Padjadjaran. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Website:
Disparbud Garut. (2015). Upacara Ngebakeun Pusaka di Makam Pangeran Papak. [Online].Tersedia: https://sipaku.disparbud.garutkab. go.id/upacara-ngebakeun-pusaka- di-makam-pangeran-papak (Diakses pada tanggal 29 November 2020)
Juanda, E. Profil Desa: Makam Raden Wangsa Muhammad. https://www.desacinunuk.my.id/index.php/artikel/2020//11/20(Diakses pada tanggal 28 Januari 2021)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.