NILAI PENDIDIKAN SENI PADA PERTUNJUKAN WAYANG GOLEK GIRI HARJA KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.26742/atrat.v11i2.2850Abstract
References
Afifah, N.(2019). Makna Simbolik Wayang Golek
Jawa Barat. (Skripsi, Jakarta: Fakultas
Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif
Hidayatullah).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi
penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Andrieu, Sarah Anaïs. (2017). Raga Kayu, Jiwa
Manusia: Wayang Golek Sunda, Jakarta:
Kepustakaan Populer Gramedia. ISBN
-602-424-766-9.
Bilfagih, T. (2018). Islam Nusantara; Strategi
Kebudayaan NU di Tengah Tantangan
Global. Aqlam: Journal of Islam and
Plurality, 1(2).
Cahya, C. (2016). Nilai, Makna, dan Simbol
dalam Pertunjukan Wayang Golek
sebagai Representasi Media Pendidikan
Budi Pekerti. Panggung, 26(2), 117-127.
Dukut, E. M. (Ed.). (2020). Kebudayaan,
ideologi, revitalisasi dan digitalisasi
seni pertunjukan Jawa dalam gawai.
Semarang: SCU Knowledge Media.
Harmawati, Y., & Abdulkarim, A. (2016).
Nilai budaya tradisi Dieng Culture
Festival sebagai kearifan Lokal untuk
Membangun karakter bangsa. Journal of
Urban Society’s Arts, 3(2), 82-95.
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian
pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan
mixed method). Kuningan: Hidayatul
Quran.
Makmun, H. R. (2016). Pembentukan
Karakter Berbasis Pendidikan
Pesantren: Studi di Pondok Pesantren
Tradisional dan Modern di Kabupaten
Ponorogo. Cendekia: Jurnal Kependidikan
Dan Kemasyarakatan, 12(2), 211-238.
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan
pengembangan karakter bangsa. Jurnal
Pendidikan Karakter, 1(1). 18-34.
Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian.
Banda Aceh: Syiah Kuala University
Press.
Perdana, N. S. (2015). Character education model
based on education in Islamic boarding
school. Edutech, 14(3), 402-422.
Rubini, R. (2019). Pendidikan Moral Dalam
Perspektif Islam. AL-MANAR: Jurnal
Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1),
-271.
Rusdy, S. T. (2015). Semiotika & Filsafat Wayang.
Jakarta: Yayasan Kertagama.
Sadono, S., Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2018).
Pewarisan Kesenian Wayang Golek di
Jawa Barat. Jurnal Rupa, 3(2), 150-163.
Setiawan, E. (2020). Nilai Filosofi Wayang
Kulit sebagai Media Dakwah. AlHikmah, 18(1), 33-50.
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. T.
(2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter
Melalui Permainan Tradisional di PAUD
Among Siwi, Panggungharjo, Sewon,
Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sunandar, Bhatara Séna. (2023). Pendidikan
Seni Pada Pertunjukan Wayang Golek Giri
Harja Kabupaten Bandung. (Wawancara
Pribadi, 30 Januari 2023)
Tambunan, N. (2015). Pertunjukan Wayang Golek
dan Bunaku. Japanese Literature, 1(1).
Widodo, T. W. (2021). Hubungan Pertunjukan
Wayang Ruwatan Terhadap
Pemahaman Pendidikan Seni Budaya
Pada Anak. Widya Wacana: Jurnal
Ilmiah, 16(1), 35-42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to jurnal Atrat and Jurusan Seni Rupa STSI Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Atrat and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in jurnal Atrat are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JTSiskom]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Agus Cahyana (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Jurnal Atrat
Department of fine art and design. ISBI Bandung
Jl. Buah Batu 212
Email: jurnalatrat@gmail.com