TARI MERAK MEDIA PROMOSI PARIWISATA JAWA BARAT

Penulis

  • Ai Mulyani Prodi Tari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Abstrak

Penelitian ini menemukan fenomena yang menarik, tari Merak
media promosi pariwisata Jawa Barat, sebagai paket seni pertunjukan
dan iklan pariwisata yang memiliki pesona, keunikan dan daya tarik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif, sebagai
langkah awal pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi lapangan. Hal ini menitikberatkan pada pengamatan yang
didukung dengan wawancara dan perekaman kejadian. Wawancara
dilakukan dengan pelaku, tokoh yang terlibat langsung dan tokoh
seniman yang terlibat didalamnya. Teknik wawancara yang mendalam
dengan cara memilih informan kunci guna mendapatkan validitas data
yang menghasilkan deskriptif yang lebih utuh dan menyeluruh.


Kata Kunci: Tari Merak, Promosi, Pariwisata, Jawa Barat.

Referensi

Caturwati, Endang. (2000). R. Tjetje Somantri (1892-1963) Tokoh

Pembaharu Tari Sunda. Jogyakarta: Tarawang.

Durban, Irawati. (2015). “Tari Merak Sunda “, dalam prosiding Seminar Internasional Tari Merak Dalam Perbandingan. Bandung: Pusbi tari Press.

Heriyanto, Retno. (2015). “Sarebu Merak Tandang ”. Koran Pikiran

Rakyat. Bandung: PR Press.

Hamid, Abu. (1989). Wawasan Metodologi Penelitian. Program Pascasarjana Hasanudin Ujung Pandang.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: PT. Kencana.

Mulyani, Ai. (2017). Tari Merak: Bandung: ISBI Bandung.

Sedyawati, Edy. (1981). Masyarakat Sunda dan Kebudayaan. Jakarta:

Giri Mukti Pusaka.

Swasta, Bashu. (1999). Azaz Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Stanton, William J. (2001). Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Soedarsono. (1999). Metodologi Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Pertunjukan Indonesia (MSPI)

Diterbitkan

2020-12-30