TARI MERAK MEDIA PROMOSI PARIWISATA JAWA BARAT
Abstract
Penelitian ini menemukan fenomena yang menarik, tari Merak
media promosi pariwisata Jawa Barat, sebagai paket seni pertunjukan
dan iklan pariwisata yang memiliki pesona, keunikan dan daya tarik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif, sebagai
langkah awal pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi lapangan. Hal ini menitikberatkan pada pengamatan yang
didukung dengan wawancara dan perekaman kejadian. Wawancara
dilakukan dengan pelaku, tokoh yang terlibat langsung dan tokoh
seniman yang terlibat didalamnya. Teknik wawancara yang mendalam
dengan cara memilih informan kunci guna mendapatkan validitas data
yang menghasilkan deskriptif yang lebih utuh dan menyeluruh.
Kata Kunci: Tari Merak, Promosi, Pariwisata, Jawa Barat.
References
Caturwati, Endang. (2000). R. Tjetje Somantri (1892-1963) Tokoh
Pembaharu Tari Sunda. Jogyakarta: Tarawang.
Durban, Irawati. (2015). “Tari Merak Sunda “, dalam prosiding Seminar Internasional Tari Merak Dalam Perbandingan. Bandung: Pusbi tari Press.
Heriyanto, Retno. (2015). “Sarebu Merak Tandang ”. Koran Pikiran
Rakyat. Bandung: PR Press.
Hamid, Abu. (1989). Wawasan Metodologi Penelitian. Program Pascasarjana Hasanudin Ujung Pandang.
Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: PT. Kencana.
Mulyani, Ai. (2017). Tari Merak: Bandung: ISBI Bandung.
Sedyawati, Edy. (1981). Masyarakat Sunda dan Kebudayaan. Jakarta:
Giri Mukti Pusaka.
Swasta, Bashu. (1999). Azaz Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Stanton, William J. (2001). Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Soedarsono. (1999). Metodologi Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Pertunjukan Indonesia (MSPI)