Redesain Logo dan Media Promosi sebagai Citra Produk Kerajinan Ketanen Industri Kreatif – Kabupaten Gresik

Authors

  • Faza Wahmuda Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, ITATS, Surabaya, Indonesia
  • Moch Junaidi Hidayat Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, ITATS, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/pantun.v3i2.963

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan teori Semiotika dari Peirce. Tujuan utama studi ini adalah menganalisis, merancang media promosi dan identitas visual dalam mengembangkan segmentasi pasar dan dikenal sebagai industri kerajinan daerah Desa Ketanen Gresik dalam dua tahun ini. Berdasarkan teri dam metoda yang digunakan, maka Hasil penelitiannya berupa redesain visual logo yang lebih modern, yang mampu mengikuti trend serta memiliki daya saing. Penentuan media promosi mempertimbangkan kemudahan konsumen untuk mengenal produk yang dihasilkan. Penerapan media kartu nama sebagai identitas produk, brosur sebagai pengenalan kualitas produk dan website sebagai penguat identitas produk. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, studi pustaka, dan wawancara. Objek yang didapat adalah data-data dari hasil Seiring kemajuan jaman di era 4.0, khususnya sektor industri yang cukup pesat perkembangannya, yakni industri kerajinan tersebut belum mampu menembus pasar global.  Dengan demikian memberikan peluang bagi para pelaku industri khususnya perajin dengan produk kerajinannya yang termasuk pada sub sektor industri kreatif yakni salah satunya adalah  Desa Ketanen, Panceng, Gresik yakni  daerah yang membangun industri kerajinan local. Aspek visual, logo masih belum menunjukkan kepribadian dan jiwa KIK. Dengan demikian diperlukan redesain logo yang memiliki kekuatan dalam hal penyampaian pesan, mengubah persepsi dan membangun pencitraan sebagai industri kerajinan tongkol jagung.

 

Kata Kunci: redesain, logo, citra produk, media promosi, kerajinan

References

Anonim. (2018). Opus Creative Economy Outlook 2019. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Hidayat, M. J., & Wahmuda, F. (2018). Exploration Of Laser Cutting At Corn Cob Craft In Creative Industry Ketanen Ukm–Gresik Region. Jurnal Terob, 10(2), 1-11.

Ibrahim, F., Nuraeni, T., Ahmad, F., Kee, C. P., & Mustaffa, N. (2012). Bahasa Komunikasi Visual Dan Pengantaraan Produk: Satu Analisis Semiotik. GEMA Online® Journal of Language Studies, 12(1).

Narjoko, D. A., Anas, T., & Aswicahyono, H. (2015). Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Kerajinan Nasional 2015-2019. Jakarta: PT. Republik Solusi.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM PRESS.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191-202.

Downloads

Published

2019-09-11

Citation Check