Subjektivitas Dalam Iklan Ambient Media Miracle Aesthetic Clinic

Authors

  • Wegig Murwonugroho FSRD Universitas Trisakti
  • Yasraf Amir Pilliang FSRD Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.6

Abstract

Subjektivitas di dalam iklan adalah kuasa yang dimiliki iklan untuk mengkonstruksi trend, kebenaran, hingga ideologi yang terjadi melalui alam bawah sadar. Iklan berfungsi menyampaikan pesan, yang direpresentasi-visualkan melalui metafora-metafora yang menjembatani antara gambaran imajinasi dan realitas. Ambient media merupakan media beriklan yang memanfaatkan lingkungan di mana iklan ditempatkan. Miracle Aesthetic Clinic (Miracle) merepresentasi-visualkan iklan ambient media-nya dengan cara menghilangkan tampilan wajah kedua boneka perempuan. Wajah model iklan merupakan komoditi pencitraan yang pada umumnya memiliki nilai jual, namun dalam kedua iklan ini justeru ditenggelamkan ke dalam alas meja dan dinding tembok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analisa Wacana Kritis untuk menganalisa subjektivitas di dalam pemaknaan ambient media. Subjektivitas iklan Miracle menyudutkan perempuan tidak dapat hadir, tersisih, menjadi sosok yang mengerikan di dalam tataran sosialnya ketika wajah berjerawat.  Iklan ambient media Miracle ini berhasil mengkonstruksi wacana trend baru kecantikan wajah yang tidak terbatas pada tolok ukur karakteristik kecantikan pada umumnya.

Kata kunci: ambient media, subjektivitas, kuasa, kecantikan ideal perempuan.

References

Evi Fadillawati

Subjektivitas dan Identitas Kebudayaan Indonesia: Fast-Food sebagai Identitas Baru di Kalangan Kaum Muda. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial UNJ.

Fitryarini

“Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan di Televisiâ€. Jurnal Budaya.

Genz, Stephanie

Post Feminism in Popular Culture. United Kingdom: Palgrave Macmillan.

Giles, Judi & Middleton, Tim

Studying Culture: A practical Introduction, 2nd Edition. New Jersey: Wiley-Blackwell.

Graeme, Turner

British Cultural Studies: An Introduction (3rd Ed). New York: Routledge.

Kris Budiman

Feminografi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mansfield, Nick

Subjectivity: Theories of the self from Freud to Haraway. Australia: National Library of Australia.

Mark, Kelly, G.E.

Subjectivity, and Technologies of the Self. Academia.

McLaren, Margaret A.

Feminism, Foucault, and Embodied Subjectivity. (s.i) : (s.n)

Paramita Ayuningtyas

Identitas Diri yang Dinamis: Analisis Identitas Gender dalam Novel Breakfast on Pluto Karya Patrick Mc.Cabe. Jakarta: FIB UI.

Rizma Afian Azhiim

Identitas Dan Subjektivitas Budaya Populer Cosplay di Indonesia. Univer-sitas Al Azhar Indonesia, International Relations.

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

Murwonugroho, W., & Pilliang, Y. A. (2015). Subjektivitas Dalam Iklan Ambient Media Miracle Aesthetic Clinic. Panggung, 25(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.6

Citation Check