Permainan Anak sebagai Sarana Pengembangan Karakter dalam Budaya Sunda

Authors

  • ai siti zenab
  • Annisa Arum Mayang
  • Rina Dewi Anggana

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v33i2.2598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan keterkaitan literasi budaya dengan pengembangan karakter atau nilai sikap yang dimiliki seorang anak. Media literasi budaya yang digunakan adalah permainan tradisional. Adapun permainan tradisional yang diajarkan pada anak dalam penelitian ini adalah maen kaleci , salam sabrang, endog-endogan, boy-boyan, luncat tinggi, congklak, dan ucing sendal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengukuran sikap melalui skala likert. Penelitian ini dilakukan di SDN Cibadak 03, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 sebanyak 44 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan antara pengetahuan literasi budaya khususnya yang terkait permainan tradisional dengan pengembangan nilai sikap dan karakter anak.; 2) nilai sikap dan karakter yang diperoleh anak dari literasi budaya dengan media permainan tradisional adalah jujur, tanggung jawab, gigih, toleransi, kerjasama, percaya diri, kreatif, dan disiplin. Simpulan dari penelitian ini adalah literasi budaya yang terkait dengan permainan tradisional bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pengembangan nilai sikap dan karakter anak. Kata kunci: literasi budaya, permainan tradisional, karakter

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Reflika Aditama

Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Sosial Budaya: 9(1), hlm. 121–136.

Daryanto dan Suryatri, D. (2013). Implementasi Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desyandri. (2018). Nilai-nilai Kearifan Lokal Untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di sekolah dasar. Jurnal sekolah dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan: 1(1), hlm. 1-9.

Faris, M. (2018). Permainan endog-endogan. Diakses pada 29 Oktober 2020 dari: https://budaya-indonesia.org/ permainan-endog-endogan

Garzia, M. (2020). Permainan Tradisional Dalam Literasi Budaya Dan Perkembangan Anak Usia Dini Pada Abad 21. Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial): 9 (2), hlm. 83-88.

Giyartini, R. Makna Simbolik Kaulinan Barudak Oray-Orayan. Jurnal Panggung: 24 (4), 376-386.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendiknas.

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Gerakan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Pengembangan poendidikan Anaksia Dini dan pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat. (2018). Panduan Permainan Tradisional Pra-SD (Pengembangan Bahasa Berwawasan ESD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebuayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat (Pp Paud Dan Dikmas) Jawa Barat. (2020). Panduan Kegiatan Permainan Tradisional Bagi Guru Dan Orang Tua Model Integrasi Permainan Tradisional Dalam Upaya Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Permainan Boy-Boyan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PPPAUD dan Dikmas) Jawa Barat 2020.

Kurniawan, W. (2019). Olah Raga dan Permainan Tradisiona. Malang: Wineka Media.

Misbah, I. H. (2007). Peran Permainan Tradisional Yang Bermuatan Edukatif Dalam Menyumbang Pembentukan dan Identitas Bangsa. Bandung: IPI.

Mustoip, S., Japar, M., dan Zulela. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Ramadhani, A. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga: 2018, ISSN 2622-0156.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangaun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Published

2023-07-05

How to Cite

zenab, ai siti, Mayang, A. A., & Anggana, R. D. (2023). Permainan Anak sebagai Sarana Pengembangan Karakter dalam Budaya Sunda. Panggung, 33(2), 141–154. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i2.2598

Citation Check