Penerapan Teknik dan Pola Anyam Tradisi pada Karya Rupa Ekspresif 3 Dimensi

Authors

  • Teten Rohandi
  • Martien Roos Nagara
  • Farid Kurniawan Noor Zaman

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v32i3.2264

Abstract

Teknik dan pola anyam tradisi yang dilakukan perajin dalam menganyam adalah cetakan untuk memproduksi produk secara masal. Dalam fine art teknik dan pola anyam dapat dijadikan sebagai struktur dasar dalam pembentukan karya yang sifatnya lebih ekspresif. Fokus penelitian ini adalah penerapan teknik dan pola anyam dasar yang berpijak dari tradisi, dieksplorasi menjadikannya struktur baru dalam pembentukan karya seni rupa. Penggalian nilai estetik yang berada di wilayah keilmuan seni rupa murni ini bertujuan untuk mengembangkan seni rupa sekaligus seni anyam tradisi, sehingga dapat menciptakan pola baru yang memiliki ciri khas serta peningkatan nilai apresiasi. Metode kreatif yang digunakan adalah design thinking dengan teknik eksplorasi dan eksperimental bentuk. Hasil penelitian berdasarkan eksplorasi teknik dan pola anyam tradisi adalah berupa karya rupa ekspresif 3D. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai alternatif dalam berkarya seni rupa yang dapat diapresiasi oleh khalayak luas dan memberi inspirasi sekaligus ikut melestarikan seni rupa tradisi Indonesia.

Kata kunci: teknik anyam, pola anyam tradisi, karya seni rupa, 3 dimensi

References

Abdurachmat, Idris. (2000). Prinsip-prinsip Geografi Ekonomi, Bandung: Jurusan Pendidikan Geografi, FKIPS-IKIP, 1997 Kartasapoetra Makro Ekonomi.

Anto, Abbas. (2005). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifien, Koko K. (2012). Peluang Bisnis Anyaman. Bandung.

Dekranas. (2011). Permata Tersembunyi Kalimantan Timur, Seni Kriya Kutai Barat, Malinau, Nunukan. Jakarta: Dewan Kerajinan Nasional.

Hendriyana, Husen. (2021). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya. Yogyakarta: ANDI.

Mulyani, Ai, Riyana Rosilawati. (2020). Kreativitas Rd. Tjetje Somantri dalam Tari Puja. Jurnal Panggung, 30(1), 70-86.

Patria, A. S., Rupa, S. M. J. P. S., & Mutmaniah, S. (2016). Kerajinan anyam sebagai pelestarian kearifan lokal. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1), 1-10.

Phang, Desnica. 2019. Revitalisasi Anyaman Pandan Tasikmalaya Pada Produk Fashion Wanita. Bandung: ITB.

Raharjo, Basuki. (2011). Seni Kerajinan Pandan. Klaten: PT. Macanan Jaya.

Rohandi, Teten dkk. (2021). Model Pengembangan Teknik dan Pola Anyam sebagai Struktur Dasar Karya Seni Rupa Ekspresi. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 203-214.

Sachari, Agus. (2002). Estetika (Makna, Simbol dan Daya). Bandung: ITB.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak. Jakarta: Gema Insani.

Syahrudin. (1988). Pengembangan Industri dan Perdagangan Luar Negeri. Padang: Pusat Penelitian Universitas Andalas.

Tocharman, Maman. (2009). Melestarikan Budaya Kriya Anyam. Makalah ini disampaikan pada kegiatan Workshop Anyaman dan Gerabah Di Museum Sri Baduga Bandung-Jawa Barat. Tanggal, 22 Desember 2009.

Yudoseputro, Wiyoso. (1983). Seni Kerajinan Indonesia. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Dirjen P&K.

Yusnita, Y., Kencana, R., dkk. (2022). Pelatihan Keterampilan Menganyam Tingkat Dasar pada Mahasiswa PIAUD STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 26-35

How to Cite

Rohandi, T., Nagara, M. R., & Zaman, F. K. N. (2022). Penerapan Teknik dan Pola Anyam Tradisi pada Karya Rupa Ekspresif 3 Dimensi. Panggung, 32(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v32i3.2264

Citation Check