Kedudukan Workstation Canting pada Tata Ruang Workshop Batik Tulis Oey Soe Tjoen

Authors

  • Rachmi Kumala Widyasari Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Agus Sachari
  • Andar Bagus Sriwarno
  • G. Prasetyo Adhitama

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v31i1.1173

Abstract

Rumah batik Oey Soe Tjoen adalah salah satu workshopbatik tulis tradisional Nusantara yang mempertahankan orisinalitas dalam menghasilkan kain batik secara turun temurun. Proses produksi kain batik dengan canting memegang peranan penting dalam rumah batik Oey Soe Tjoen.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau kedudukan proses pembuatan kain batik dengan canting pada usaha batik tulis tradisional, baik dalam lingkup proses kerja maupun dalam lingkup tatanan ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi melalui studi literatur, observasi dan wawancara langsung kepada nara sumber. Data dipaparkan secara deskriptif dan dianalisis sehingga menghasilkan temuan bahwa, proses produksi kain batik dengan canting adalah sebuah proses yang signifikan dalam menghasilkan batik tulis secara tradisional. Sehingga ruang yang mewadahi proses ini menjadi ruang penting dalam tata ruang sebuah workshop batik tulis tradisional yang perlu dipertimbangkan guna mendukung kelancaran produktivitas kerja.

 

Kata kunci: batik tulis, canting, hirarki, Oey Soe Tjoen, workstation

References

Antariksa (2016): Teori dan Metode Pelestarian Kawasan Pecinan, Cahaya Atma Pustaka, 50-51, 57-59, 80-81

Hasanudin (2001). Batik Pesisiran; Melacak Pengaruh Etos Dagang Santri pada Ragam Hias Batik. Dalam Indira P., Patricius C. (Ed.), Kisah Goresan Malam; Selisik Batik Harian Kompas, Penerbit Buku Kompas, 22, 61, 112, 164, 200, 229

Hastuti, D. L. (2017). Desain Interior Toko Sebagai Pembentuk Suasana Rumah Saudagar di Kampung Batik Laweyan. Panggung, 26(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i4.205

Kwa, D. (2018) Ragam Pakaian Kaum Peranakan dalam Komunitas Lintas Budaya Indonesia dan Intisari, Peranakan Tionghoa Indonesia: Sebuah perjalanan budaya, Intisari – Kompas Gramedia, 267-276

Liong, WKH. (2014): Oey Soe Tjoen duta batik Peranakan, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia dan Red & White Publishing, 17, 76-91

Sriwardani, N., Savitri (2019). Rumah Adat Kampung Pulo Cangkuang Kabupaten Garut sebagai Konsep Hunian Masa Kini. Panggung, 29(3), 284–298.

Widyasari, RK., Sriwarno, AB., Adhitama, GP., (2018): The analysis of centralized layout on traditional batik tulis workshop in Central Java, Prosiding The Asian Conference on Art and Humanities 2018, 321-330, The International Academic Forum (IAFOR) with IAFOR Research Centre Osaka University and IAFOR’s Global University Partners, ISSN: 2186-229X

Widyasari, R. K., Sachari, A., Sriwarno, AB., Adhitama, GP. (2020). The Effects of Worker’s Behavior Changes on Batik Equipment in Traditional Batik Process of Oey Soe Tjoen. Arts and Design Studies, 80, 1–8. https://doi.org/10.7176/ads/80-01

Published

2021-03-31

How to Cite

Widyasari, R. K., Sachari, A., Sriwarno, A. B., & Adhitama, G. P. (2021). Kedudukan Workstation Canting pada Tata Ruang Workshop Batik Tulis Oey Soe Tjoen. Panggung, 31(1). https://doi.org/10.26742/panggung.v31i1.1173

Citation Check

Most read articles by the same author(s)