IBING GAPLEK TEPAK JAIPONG NAEK GOYANG KARAWANG PADA TOPENG BANJET SEKARWATI BASKOM GROUP

Authors

  • Dadang Dadang Prodi Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, ISBI Bandung
  • Risa Nuriawati Prodi Tari Sunda, Fakultas Seni Pertunjukan, ISBI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26742/mklng.v11i1.3409

Keywords:

Topeng Banjet Baskom, Struktur Tari, Ibing Gaplek, Tepak Jaipong Naek Goyang Karawang

Abstract

ABSTRAK Ibing Gaplek Tepak Jaipong Naek Goyang Karawang adalah sebuah tarian yang ada pada kesenian Topeng Banjet Baskom. Tarian ini disajikan oleh tiga penari atau tarian rampak. Ibing Gaplek ini diciptakan untuk menggambarkan seorang ronggeng pada saat memberi kode melalui gerakan atau geolan kepada para kaum laki-laki yang ingin menari bersama. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis melaui langkah-langkah penelitian meliputi; studi pustaka, studi lapangan meliputi; wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Untuk menguraikan permasalahan penelitian tersebut, maka penulis menggunakan landasan konsep pemikiran mengenai struktur tari yang dikemukakan oleh Iyus Rusliana. Hasil dari penelitian ini merupakan deskriptif mengenai bentuk meliputi; penyajian, koreografi, karawitan, rias busana, properti, dan setting panggung. Berkaitan dengan Isi antara lain; latar belakang cerita, gambaran dan tema, nama atau judul tarian, karakter dan unsur filosofi. Adapun temuan ciri khas dari gerakan Ibing Gaplek yaitu; geol kanan kiri, geol gibrig, dan geol handap ajul gedang. Kata Kunci: Topeng Banjet Baskom, Struktur Tari, Ibing Gaplek, Tepak Jaipong Naek Goyang Karawang. ABSTRACT IBING GAPLEK TEPAK JAIPONG NAEK GOYANG KARAWANG ON THE BANJET MASK OF SEKARWATI BASKOM GROUP, JUNE 2024. Ibing Gaplek Tepak Jaipong Naek Goyang Karawang is a dance that exists in the Baskom Banjet Mask dance. The dance is presented by three dancers or called as rampak dance. This Ibing Gaplek was created to depict a ronggeng when giving codes through movement or geolan to the men who wish to dance together. The research uses a qualitative method with a descriptive analysis approach through research phases namely; literature study, field studies including; interviews, observation, documentation, and data analysis. To describe the research problem, the writer uses the basic concept of dance structure by Iyus Rusliana. The result of this study is a description on a dance form including: presentation, choreography, karawitan (music), fashion make-up, properties, and stage setting. Meanwhile related to the contents, among others; story background, description and theme, dance name or title, character and philosopichal elements. The findings of the characteristic of the Ibing Gaplek movements are: right and left geol, geol gibrig and geol handap ajul gedang. Keywords: Baskom Banjet Mask, Dance Structure, Ibing Gaplek, Tepak Jaipong Naek Goyang Karawang.

References

Bandung, Jurusan Tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia STSI Bandung.

Kurnia, Ganjar dan Arthur S. Nalan. Deskripsi Kesenian Jawa Barat, Dinas Kebudayaan & Parawisata Jawa Barat & Pusat Dinamika UNPAD.

Ramlan, Lalan. 2019. Metode Penelitian Tari, Bandung, Sunan Ambu Press.

Munsan, Sri Dinar. 1982. “Topeng Banjet Pada Pagelaran Topeng Banjet Karawang” Bandung, Akademi Seni Tari

Moleong, Lexy J. 2017. Meteodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Purnomo, Rizki Oktaviani. 2018. “Tari Gaplek” Bandung, Jurusan Seni Tari Fakultas Pertunjukan ISBI Bandung.

Ramdany, Rendy. 2013. “Pola Tabuh dan Peranan Musik Pengiring Pertunjukan Topeng Banjet Baskom Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang”. Bandung: STSI Bandung.

Rudi Hartono, Jaelani, Wanda Listiani, 2019. Jurnal Heritage, Makna Pada Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Topeng Banjet Abah PendulKab.Karawang.

Rusliyana, Iyus. 2018. Tari Wayang. Bandung, Jurusan Tari STSI Bandung.

______________. 2008. Penciptaan Tari Sunda. Bandung, Jurusan Tari STSI Bandung.

Rudi Hartono, Jaelani, Wanda Listiani, 2019. Jurnal Heritage, Makna Pada Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Topeng Banjet Abah Pendul Kab.Karawang.

Sriwardani, Nani, Dkk. 2022. Eksitensi Nilai Tradisi dan Kearifan Lokal

Setyobudi, Imam. 2020. Metode Penelitian Budaya. Bandung, Sunan Ambu Press ISBI Bandung.

Supriatna, Agus. 2010. “Topeng Banjet Baskom Kabupaten Karawang”. Academia.edu

_____________. 2010 “Topeng Banjet Baskom Kabupaten Karawang”. Tesis UPI Bandung.

WEBTOGRAFI

Supriatna, Agua. “Topeng Banjet Baskom Kabupaten Karawang”. 2014. Aca-demia.edu

http://supriyatnaagus88.blogspot.com/artikel/.academia.edu

“Kamus Besar Bahasa Indonesia”. 2000. Kamus Versi Online

Jaringan/Daring

http://google.com/aps/kbbi.web

Kbbi.web.id diakses 5 mei 2023

https://kbbi.web.id/bentuk

Kbbi.web.id diakses pada 6 mei 2023

https://kbbi.web.id/struktur

Kbbi. web id diakses pada 8 mei 2023

https://kbbi.web.id/koreografi

Kbbi. web id diakses pada 29 mei 2023

https://kbbi.web.id/ibing

Kbbi. web.id diakses 10 febuari 2023

https://kbbi.web.id/baskom

DAFTAR NARASUMBER

Nama : Yanto

Umur : 41 Tahun

Alamat: Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang

Pekerjaan: Serabutan / Seniman

Nama : Eneng Azizah/Neneng R

Umur : 37 Tahun

Alamat: Desa Karang Jaya Kecamatan ..Pedes Kabupaten Karawang

Pekerjaan : pedagang sayur /seniman

Nama : Dewi

Umur : 80 Tahun

Alamat: Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang

Downloads

Published

2024-06-14