PENERAPAN METODE JOLLY-PHONIC PADA PELATIHAN ARTIKULASI PADUAN SUARA

Penulis

  • Etti Suharti Sekolah Tinggi Musik Bandung, Indonesia
  • Franditho Siahaan Sekolah Tinggi Musik Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/jal.v10i1.2741

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas metode Jolly- Phonic dalam meningkatkan pelafalan bahasa Inggris penyanyi paduan suara. Penelitian ini mengkaji kelompok paduan suara yang menyanyikan lagu berjudul Look at the World oleh John Lutter sebagai subjek penelitian, sebelum dan sesudah penerapan metode Jolly-Phonic. Peneliti merekam variasi dalam pelafalan beberapa konsonan yang seringkali menyebabkan perbedaan dalam bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode Jolly-Phonic diterapkan bersamaan dengan latihan vokal, dan metode ini menggunakan gerakan khusus yang merepresentasikan setiap bunyi huruf untuk membantu penyanyi memahami dan menguasai artikulasi yang benar dengan lebih cepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatih vokal dan anggota paduan suara dapat dengan baik menggunakan metode Jolly-Phonic sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris. Kata kunci: fonik, jolly-phonic, paduan suara, vokal

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Brittany, M. G. A. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara “Sekar Wangi” SD Negeri Lempuyangwangi. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/52718/

Coward, H. (2016). Choral Technique and Interpretation. New York: The H. W. Gray Co, Inc.

Harahap, J. (2005). Perkenalan Paduan Suara. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jones, D. (1982). An Outline of English Phonetics. Australia: G.E.

Lass, Roger. (1984). Phonology An Introduction to Basic Concepts. London: Cambridge University.

Lloyd, S. (2012). Jolly-Phonic Handbook. A Handbook of Teaching Reading, Writing and Spelling. London: Jolly Learning Ltd.

Muhtar, S. (2021). Pelatihan Bernyanyi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Teknik Vokal Peserta Karaoke Dangdut Competition di Bugis Waterpark Makassar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12 (1), 1-9.

Odden, D. (2013). Introducing Phonology. New York: Cambridge University Press.

Rundus, K. (2017). Choral Cantabile: A Manual that Transform a Choir’s Warm-up Time into Meaningful Voice Building.San Pedro: Pavane Publishing.

Rudy, M., Y. (2008). Panduan Olah Vokal. Yogyakarta: MedPres

Ruswandi. (2004). Pembelajaran Bernyanyi untuk Anak Usia Dini. Jakarta.

Roach, P. (2009). English Phonetics and Phonology. London: Cambridge University Press

Sadolin, C. (1997). Complete Vocal Techique. Denmark: Asbenraa.

Salamanja, N. (2013). Meningkatkan Keterampilan Siswa Bernyanyi Melalui Metode Latihan (Drill) pada siswa kelas V SDN 81 Kota Tengah Kota Gorontalo. [Skripsi, Universitas Gorontalo]. 1(151412395).

Sinaga, T. 2014. Teknik Bernyanyi Dalam Paduan Suara. Generasi Kampus, 7 (2), hlm. 282-293.

Stechert & Co. Lass, R. 1(984). Phonology An Introduction to Basic Concepts. London: Cambridge University Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumarta, N. R. D. (2017). Pembelajaran Paduan Suara SMPN 5 Bandung dalam Rangka Lomba Cinta Indonesiaku Tingkat SMP Se-Bandung Raya 2017. [Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia].

Verhaar, J.M.M. (2016). Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Awilaras

Citation Check