Voice Note: Karya Kontemporari Musik Melalui Aplikasi Modulasi Effect Terhadap Media Bambu

Penulis

  • Nandri Ahmad Fauzi Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia
  • Ismet Ruchimat Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia
  • Ipit S Dimyati Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/jal.v8i1.2622

Abstrak

Abstrak Voice Note diartikan sebagai catatan-catatan verbal yang di abstraksikan menjadi sebuah aspek musik kontemporer, implementasi verbal menjadi sebuah musik kontemporer tersebut dibentuk oleh kerangka-kerangka teoritikal komposisi. Adapun aspek-aspek yang menjadi wujud dari komposisi Voice Note ini juga dipenuhi secara konstruktif oleh metode garap. Metode garap secara umum merupakan sebuah sistem yang melibatkan beberapa unsur atau pihak yang masing-masing saling terkait dan membantu. Beberapa unsur garap tersebut dapat disebut sebagai berikut: a. Materi garap atau ajang garap; b. Penggarap; c. Sarana garap d; Prabot atau piranti garap;be. Penentu garap; dan f. Pertimbangan garap. Secara praktikal metode garap ini memuat unusur-unsur konvensi dalam Tradisi Musik Bambu. Aspek material yang terdapat dalam Musik Bambu terbentuk secara Asimetrik. Dari aspek penentu dan Pertimbangan Garap komposisi ini dihadirkan atas dasar kontekstual dari cara berpikir penggarap yang berlatar belakang musisi yang berupaya memahami prinsip-prinsip media pada konvensi alat Tradisional. Oleh karena itu kehadiran karya ini lebih di orientasi kepada gaya musik kontemporer melalui pemahaman-pemahaman konvensi Tradisi musik Bambu Kata Kunci: Voice Note , Kontemporer Musik, Kreativitas Garap

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Banoe, Pono, (2003). Kamus Musik, Yogyakarta: Kanisius

Mack, Dieter. (1995.) Sejarah Musik Barat 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Murwaningrum, Dyah. (2015). Multimedia Sebuah Tawaran pada Musik Bambu ISBI Bandung.

Jurnal Awilaras 2(1).

Prier, Karl Edmund. (1993). Sejarah Musik Jilid Satu. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, Karl Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Prier, Karl Edmund. (1991). Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Sadie, Stanley. (1984). The New Grove Dictionary of Music and Musicians. London:

Macmillan Publishers Limited.

Sepdwiko, Deria. (2012). Pertunjukan Musik Solis Marimba Dalam Komposisi Rondo allaturko dan

Bacarai, Kasiah. Jurnal Pendidikan Seni dan Seni 4(1).

Sedyawati, Edi dan Sapardi Djoko Damono. (1983). Seni Dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta:

Gramedia

Setiani, Eka, (2012). Musik dan Manfaatnya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Soedarsono, R.M. (1985). Sejarah Kesenian. Ygyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Somawijaya, Abun. 2014. “Bambu dalam kontek seni, seniman dan karyanya.” Jurnal Awilaras.

(2).

Somawijaya, Abun. (1996). Khazanah Musik Bambu Jawa Barat. Lapora penelitian, Basndung:

Puslitmas STSI.

Supanggah, Rahayu. (1996). Dinamika Seni Tradisai, Moderen, dan Kontemporer dalam Konte.

Surakarta: Isi Press Surakarta.

Supanggah, Rahayu. (2009). Bothekan Karawitan II. Surakarta: Isi Pres Surakarta

Sunarto. (2016). Estetika Musik Autonomis Versus Heteronomis dan Konteks Sejarah Musik.

Jurnal Promusika.

Tinungki, C Yohan. (2009). Musik Kontemporer. Jurnal Jaffray 7(2)

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2023-07-05

Citation Check