KAIN BERCORAK SEBAGAI NATAR-ALTERNATIF LUKISAN KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.26742/atrat.v11i1.2289Abstrak
Perkembangan seni rupa kontemporer demikian pesat dan menawarkan kemungkinan berbeda dalam visual maupun konteks yang diangkat—secara intrinsik maupun ekstrinsik. Wacana eklektik, apropriasi dan reproduksi gambar, hingga kini masih mempengaruhi geliat lukisan kontemporer. Salah-satunya ditunjukkan melalui peminjaman atau penambahan citraan baru pada suatu gambar dengan tujuan menghasilkan makna baru. Rancangan pelukisan ini menggunakan material lukis non-konvensional, yaitu kain bercorak sebagai natarnya. Penambahan citraan baru pada natar kain bercorak yang mengakibatkan penumpukan visual menawarkan keunikannya sendiri, sekaligus memperkaya alternatif pelukisan sebagai bagian dari dinamika seni rupa sesuai dengan perkembangan zaman. Rancangan karya seni lukis yang menggunakan kain bercorak sebagai alternatif natar ini diharapkan memberi kontribusi yang menambah keragaman visual dan pola cipta dalam perkembangan wacana seni rupa pascamodern.
Referensi
Buku:
O’ Donnel, Kevin. (2003). Postmodernisme. Lion
Publishing, Oxford. Diterjemahkan oleh Penerbit Kanisius (2009), Yogyakarta.
Osterwold, Tilman. (2007). POP ART. Taschen, Köln.
Piliang, Yasraf A. (2003). Hipersemiotika. Penerbit Jalasutra, Bandung.
Stangos, Nikos. (1997). Concept Of Modern Art. Thames and Hudson Ltd., London.
Sugiharto, Bambang. (2013). Untuk Apa Seni ?. Penerbit Matahari, Bandung.
Artikel Ilmiah:
Aruman., Junaedi, D., Hariyanto, I. (2014).
PENCIPTAAN BATIK POSTMODERN (Pengadaptasian Elemen Artistik Lukisan Modern Indonesia dan Motif Batik Tradisional Yogyakarta). CORAK - Jurnal Seni Kriya, Vol. 3, No. 1, 2014. Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
Azis, Lukmanul Hakim., Zaenudin Ramli, Gabriel
Aries Setiadi. (2020). Transisi Memorabilia Pada Batik dalam Karya Lukis Cat Air. ATRAT Jurnal Seni Rupa, Vol.8, No.1, 2020. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.
Banindro, Baskoro Suryo. (2019). Representasi
Realitas Dunia Pop Art Warhol Sebuah Tinjauan Semiologi. JURNAL DEKAVE Vol.12, No.1, 2109. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta.
Tersedia: file:///C:/Users/HP/Downloads/2753-5612-1-SM%20(1).pdf. Diakses: 09 Agustus 2021.
Gozali, Amir. (2019). Dimensi Spiritual dalam Seni Lukis Abstrak Kontemporer Indonesia: Sejarah dan Wacana. ACINTYA - Jurnal Penelitian Seni Budaya Vol. 11, No. 1, Juni 2019.
Tersedia: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/2609/2400 Diakses: 27 Agustus 2021, Pukul: 08.10 wib.
Himawan, Willy. (2013). Visual Tradisi Dalam
Karya Seni Lukis Kontemporer Sebagai Wujud Artistik Pengaruh Sosial Budaya Kajian Terhadap Karya Haryadi Suadi & I Wayan Sudiarta. ORNAMEN - Jurnal Kriya ISI Surakarta Vol. 10, No. 1, Januari 2013. Tersedia: https://jurnal.isi ska.ac.id/index.php/ornamen/article/view/1057/1047. Diakses: 27 Agustus 2021, Pukul: 08.00 wib.
Manzili, Nurul., Rosmala Dewi, Novita. (2020).
Pemanfaatan serat Kain Perca Sebagai Media Lukisan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol. 5 N0. 2. MEI 2020. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Putri, Citra Kemala. (2020). Pengaruh
Kebudayaan Populer Terhadap Visual Sampul Album Musik. ArtComm – Jurnal Komunikasi dan Desain, Volume 03 No. 01, April 2020. Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.
Rahim, Muhamad Ali. (2020). Plana Memora:
Dekontekstualisasi Wujud Karya Seni Rupa. VISUALITA - Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol. 8, No. 2. Universitas Komputer, Bandung.
Sucitra, I Gede Arya. (2020). Implementasi
Lukisan Klasik Kamasan Pada Media Alternatif Tengkorak Kepala Kerbau. CORAK - Jurnal Seni Kriya, Vol. 9, No. 1, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
Wahyudi, Nandang Gumelar. (2016). Kuasa
Kolase dalam Ekologi Estetika Postmodern. PANTUN - Jurnal Ilmiah Seni Budaya. Vol. 1 No. 1 Juni 2016, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.
Tersedia : file:///C:/Users/HP/Downloads/744-1755-2-PB.pdf. Diakses: 11 agustus 2021.
Wahyunin, Wuri., Mira Marlianti. Penerapan Kain
Perca Batik Tasikmalaya Melalui Teknik Sulam dan Kolase Ilustrasi Fashion pada Pelengkap Busana. ATRAT Jurnal Seni Rupa, Vol. 10, No. 1, 2022. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.
Artikel Online:
Effendy, Rifky. (2020). Dalam Apropriasi :
Praktek Apropriasi dalam karya-karya seni rupa kontemporer di Indonesia.
Tersedia: https://bdgconnex.net/shows/dalam-apropriasi-praktek-apropriasi-dalam-karya-karya-seni-rupa-kontemporer-di-indonesia-oleh-rifky-goro-effendy. Diakses: 07 Agustus 2021, pukul 08:01wib.
Essendaputri, Miranda. (2018). Mengenal Jenis Kain dan Sifatnya.
Tersedia:
https://student-activity.binus.ac.id/stmanis/2018/06/mengenal-jenis-kain-dan-sifatnya/ Diakses: 25 agustus 2021, pukul: 08:45wib.
Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021). Kain
Nusantara, Sumber Inspirasi Ekonomi Kreatif Indonesia. Tersedia:
https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Kain-Nusantara. Diakses: 25 Agustus 2021, pukul: 08:16 wib.
Setiawan, Ebta. (2021). KBBI Online versi 2.8.
Tersedia: https://www.kbbi.web.id/. Diakses: 14 agustus 2021, pukul 09:25 wib.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to jurnal Atrat and Jurusan Seni Rupa STSI Bandung as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Atrat and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in jurnal Atrat are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JTSiskom]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Agus Cahyana (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Jurnal Atrat
Department of fine art and design. ISBI Bandung
Jl. Buah Batu 212
Email: jurnalatrat@gmail.com