DIGITALISASI WAYANG TAVIP SEBAGAI MEDIA PROMOSI SENI BERDAKWAH

Authors

  • M. Tavip
  • Widodo Widodo

DOI:

https://doi.org/10.26742/pib.v0i0.3141

Abstract

Digitalisasi wayang tavip efektif dan efesien untuk membantu peserta didik dalam memproduksi pertunjukan wayang di era digital. Tidak adanya guru yang mengajar /ekskul seni teater di Ponpes Madrasah Aliyah (MA) berdampak pada kelangsungan seni wayang yang ada dilingkungan tersebut. Siswa/santri yang tergabung dalam kelompok tersebut tidak ada yang membina dalam setiap produksi dan mempromosikan karya seni dakwahnya dengan media digital atau medsos. Fenomena ini perlu mendapat perhatian khusus, sebagai urgensi dalam penelitian ini, dan belum ada dalam studi sebelumnya. Manfaat penelitian ini dapat menarik minat dan motivasi para santri dalam mengembangkan pertunjukan wayang dalam format digital. Tujuan penelitian: Untuk mengimplementasikan digitalisasi dalam pertunjukan wayang tavip mulai dari proses produksi sampai pertunjukan dan dipromosikan melalui media medsos seperti you tobe, tik tok, instagram dan yang lainnya. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualoitatif dan menerapkan metode Model penelitian pengembangan ADDIE meliputi: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations. Luaran penelitian karya seni yaitu berupa pertunjukan wayang tavip lakon “An In Un” dalam bentuk audio playback . Luaran formal yaitu Seminar Nasional, publikasi online. Penelitaian yang dilakukan termasuk pada skema terapan, dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) tingkat 3. Kata kunci: gitalisasi wayang tavip, efektif dan efesien, media promosi seni berdakwah

Downloads

Published

2024-01-18