Konsepsi Filosofis di Balik Musik Sholawat Campur ngaji

Authors

  • Bambang Sunarto

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.92

Abstract

ABSTRACT

 

The problems discussed in this study is philosophical conceptions behind the phenomenon of Cam­ purngaji Sholawat music. This research has been intended to reveal the ideas which is underlying the existence of the music and the spirit of the periferal Muslim community which is utilizing music as a symbol of its existence. Descriptive and analytical methods as well as interpretive methods are used to reveal and unravel the hidden conceptual thoughts. Philosophical conception in the form of practical assumption and working principle is useful as a performance benchmark of musical cre­ ativity. The understanding of the philosophical conception is useful to help any stakeholder to better understand the human intensity of a Muslim community through its musical culture expression.

 

Keywords: philosophical conceptions, Campurngaji Sholawat music

 

 

ABSTRAK

 

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah konsepsi filosofis di balik fenom- ena musik Sholawat Campurngaji. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap ide-ide yang mendasari eksistensi musik dan semangat komunitas muslim pinggiran yang me- manfaatkan musik sebagai simbol eksistensi. Metode deskriptif analitik disertai metode interpretif digunakan untuk mengungkap dan mengurai pemikiran-pemikiran konseptual yang tersembunyi.  Konsepsi filosofis yang berupa asumsi praktis dan prinsip berkarya bermanfaat sebagai acuan kinerja kreativitas bermusik. Pemahaman terhadap konsepsi filosofis itu berguna untuk membantu berbagai pihak untuk lebih memahami intensitas kemanusiaan suatu komunitas muslim melalui ekspresi budaya musiknya.

 

Kata kunci: konsepsi filosofis, musik sholawat Campurngaji

 

References

B. Setyono.

“Campursari: Nyanyian Hibrida dari Jawa Postkolonialâ€, dalam Identitas dan Postkolonialitas di In­ donesia. Yogyakarta: Kanisius.

B.A. Abdurahman.

Seni dalam Pandangan Islam. Jakar- ta: Gema Insani Press.

Becker, J.M.O.

“Traditional Music in Modern Javaâ€. Disertasi Ph. D., Michigan: University of Michigan.

Brinner, B.

Knowing Musik Making Music: Ja­ vanese Gamelan and the Theory of Musical Competence and Interac­ tion. Chicago & London: The Uni- versity of Chicago Press.

E.A. Nadjib.

“Persoalan-persoalan Rutin An- tara Kesenian dan Masyarakatâ€. Makalah Diskusi Antar Bidang,

Maret. Di STSI Surakarta.

Encarta Encyclopedia

“Arab Music,†Microsoft® Encar­

ta® 99 Encyclopedia. © 1993-1998

Microsoft Corporation. All rights reserved.

Gazalba, S.

Sistematika Filsafat: Pengantar Ke­ pada Dunia Filsafat, Teori Pengeta­ huan, Metafisika, Teori Nilai. Ce- takan Kedua. (Cetakan Pertama Tahun 1973). Jakarta: Bulan Bin- tang.

Gupta, K.C.

Aesthetics and Motivations in Arts and Science. New Delhi: Indira Gandhi National Centre for The Arts.

K. Hidayat.

Memahami Bahasa Agama Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Para- madina.

Leech, G.

Semantik. Terjemahan dari Se­ mantics. Terbitan Penguin, 1974. Diterjemahkan oleh Paina Parta- na. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M. Harris.

Cultural Materialism: The Struggle for a Science of Culture. New York: Random House.

Mulyana

Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip­prinsip Analisis Wa­ cana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

N. Mulder.

Pribadi dan Masyarakat di Jawa.

Sinar Harapan. Jakarta.

Ras, J.J.

Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir. Judul Asli: “Javanese Literature since Independenceâ€.

Seri Terjemahan Javanologi. Ha-

sil Kerjasama Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara dengan Perwakilan Koninklijk Instituut voor Tal-, Land- en Volkenkunde. Jakarta: Grafitipers.

S. Hidayat.

“Kebudayaan dan Kesenian da- lam Perspektif Islamâ€. Shabran. Jurnal Media Pengkajian dan Dakwah Islam. IX/03. 5-7.

S. Poedjosoedarmo.

“Keadaan Bahasa-bahasa Dae- rahâ€. Yogyakarta: Seminar Baha- sa Daerah.

S.R. Panuntun.

Sekar Sumawut. Edisi V. Sukohar- jo-Surakarta: CV. Cendrawasih.

S.S. Negoro.

Upacara Tradisional dan Ritual

Jawa. Surakarta: CV. Buana Raya.

S. Sadi-Hutomo.

“Dialek Bahasa Jawa Sebagai Pe- ngungkap Kesusasteraan Jawa†dalam Konggres Bahasa Jawa (1991: Semarang). Proseding. Edisi Per- tama. Surakarta: Harapan Massa.

Sudjoko.

“Kebudayaan Massa†dalam Pris­

ma. No. 6. Jakarta: LP3ES.

T.H.M. Yahya Omar.

Hukum Seni Musik, Seni Suara dan Seni Tari dalam Islam. Cetakan ke-2 (Cetakan Pertama Th. 1964). Jakarta: Fa. Widjaya.

T.W. Bratawidjaja.

Upacara Tradisional Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

T.Y. Omar.

Hukum Seni Musik Seni Suara dan Seni Tari dalam Islam. Jakarta: Pe- nerbit Widjaya.

W.J.S. Poerwadarminta.

Baoesastra Djawa. Groningen, Batavia: J.B. Wolters’ Uit- gevers-Maatschappij.

Woolf, H. Ed.

Science as a Cultural Force. Balti- more: John Hopkins Press.

Y. Al-Qardlawy.

Fiqh Musik dan Lagu: Perspektif Al­ Qur’an dan As­Sunnah. Judul Asli “Fiqh Al-Ghina wa al Musiqy fi Dhau-I Al-Qur’an wa As-Sun- nahâ€. Diterjemahkan oleh H. Achmad Fulex Bisyri, H. Awan Sumarna, H. Anwar Mushafa. Bandung: Mujahid Press.

Downloads

Published

2013-03-01

How to Cite

Sunarto, B. (2013). Konsepsi Filosofis di Balik Musik Sholawat Campur ngaji. Panggung, 23(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.92

Citation Check