Karakter Musik Etnik Dan Representasi Identitas Musik Etnik

Authors

  • Sri Hermawati Dwi Arini Universitas Negeri Jakarta
  • Didin Supriadi UNJ
  • Saryanto - UNJ

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.7

Abstract

Representasi dapat didefinisikan sebagai penggunaan tanda untuk menggambarkan sesuatu, yakni karakter musik yang memiliki elemen, di antaranya teknik permainan dan garapan/pengolahan. Sedangkan tanda adalah segala sesuatu yang merepresentasikan sesuatu, yakni penampilan tanda-tanda seperti cengkok, imbal. Cengkok, imbal diperlakukan sebagai identitas yang merepresentasikan identitas musik etnik Jawa, begitu pula penampilan tanda-tanda yakni ugal, cecandetan, kotekan diperlakukan sebagai identitas yang merepresentasikan identitas musik etnik Bali.

Kata kunci :    Identitas, Representasi, Karakter, Gamelan Jawa dan Gamelan Bali

References

I Gusti Bagus Arsaja

Metode Pendidikan Seni Karawitan Bali untuk Sekolah Menengah Pertama. Departemen Pen-didikan dan Kebudayaan Proyek Pendi-dikan dan Pembinaan Tenaga Teknik Kebudayaan.

I Made Bandem

Ensiklopedi Gamelan Bali. Denpasar: Proyek Penggalian Seni Tradi-sional dan Kesenian Baru Pemerintah Daerah Tingkat I Bali.

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

Dwi Arini, S. H., Supriadi, D., & -, S. (2015). Karakter Musik Etnik Dan Representasi Identitas Musik Etnik. Panggung, 25(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.7

Citation Check