Skenografi Drama Musikal “Peter And The Wolf” Karya Sergei Prokofiev dalam Perspektif Orkestrasi Dongeng
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v34i2.3385Abstract
References
Anirun, Suyatna. (1991). Menjadi Aktor: Pengantar Akting untuk Panggung dan Sinema. Bandung: STSI Press.
Anirun, Suyatna. (2002). Menjadi Sutradara. Bandung: STSI Press Bandung. Studiklub Teater Bandung bekerjasama dengan PUSLITMAS STSI Bandung.
Arif, Syamsudin. (2008). Orientalis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press. Brockett,
Oscar G. (1988). The Essential Theatre. Fourth Edition, Holt, Rinehart and Winston, Inc, USA. Ching,
Francis D. K. (2007). Architecture; Form, Space, and Order. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Culler, Jonathan. (2003). Barthes. terj. Ruslani. Yogyakarta: Penerbit Jendela. Damono, Sapardi
Djoko. (2012). Alih Wahana. Edisi Revisi Pertama 2012, Editum
Damono, Sapardi Djoko. (2005). Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa.
Djelantik, A.A.M. (2002). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI bekerjasama dengan kuBuku.
Hartono, Rudi; Arthur. S. Nalan dkk. (2023). Naskah Narasi Kapitalisme dalam Cerita Rakyat Dan Drama Modern. Panggung Jurnal Seni Budaya, Vol.33,No.4, 480-494, 2023, ISBI Bandung.
Hays, K. Michael. (1998). Architecture TheorySince 1968. Massachusetts, USA: Colombia Book of Architecture.
Holt, Claire. (2000). Melacak Jejak Perkembangan Seni Di Indonesia. Bandung: arti.line.
Hutcheon, Linda. (2006). A Theory of Adaptation, London and New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Illaihi, Putra Ridho. (2021). Sumpah Suci Anggun Nan Tongga, Indang Piaman Pada Penciptaan Teater Musikal. Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni, Gestus, Vol.1, No.2, September, 2021.
Isser, Wolfgang. (1978). The Act of Reading; A Theory of Aesthetic Response. London: The Johns Hopkins University Press.
Land, George. (1973). Grow or Die; The Unifying Principle of Transformation. New York, USA: Random House.
Murgiyanto, Sal. (2016). Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat. Yogyakarta Fakultas Seni Pertunjukan-Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Kerjasama dengan SENREPITA.
Nalan, Arthur S. (1998). Mencipta Teater, Sebuah Pengantar Memahami Teater dan Antalogi Naskah Lakon. Bandung: CV. Geger Sunten.
Nalan, Arthur S. (2006). Teater Egaliter. Bandung: Sunan Ambu Press.
Pavis, Patrice. (1992). Theatre at the Crossroads of Culture. London: Routledge.
Rusmana, Tatang; Endut Ahadiat. (2024). “Wawacan Nata Sukma”: Tracing the traces of classical Sundanese literature from the dark history of colonialism to the identity politics of oppressed nations from a performing arts perspective. Technium Social Sciences Journal. Vol. 54, 276-291, 2024 ISSN:2668-7798 www. techniumscience.com
Rusmana, Tatang. (2018). Rekontruksi NilaiNilai Konsep Tritangtu Sunda Sebagai Metode Penciptaan Teater Ke Dalam Bentuk Teater Kontemporer. Jurnal Seni Budaya, Mudra, Volume 33, Nomor 1, Februari 2018, ISI Denpasar.
Rusmana, Tatang. (2011). Makrokosmos Parahiangan dalam Drama Kidung Jakabandung dalam Narasi Metaforik, Strategi, dan Elanvital. Jurnal Ilmiah Seni & Budaya, Panggung, Vol.21 No.3, STSI Bandung.
Rustiyanti, Sri; Listiani Wanda dkk. (2021). Ekranasi AR PASUA PA: dari Seni Pertunjukan ke Seni Digital sebagai Upaya Pemajuan Kebudayaan, Jurnal Seni Budaya Mudra. Vol. 36, No. 2, ISI Denpasar.
Schechner, Richard. (2004). Performace Theory. London dan New York: Routledge.
_________________. (2002). Performace Studies: an Introduction, London: Routledge.
Suisno, Edy. (2021). Perancangan Pertunjukan Opera Minangkabau Malin Nan Kondang sebagai Alih Wahana Kaba Malin Kundang, Dance & Theatre Review, volume 4 number 1, May 2021.
Sumardjo, Jakob. (2014). Estetika Paradoks. Bandung: Kelir.
Susanto, N. (2016). Produksi Drama Musikal dari Ide ke Panggung. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suyono, Seno Joko. (2015). Tradisi dan Mitologi Kita: Dari Schechner sampai Julie Taymor, dalam Pendidikan, Birokrasi Seni dan Pergulatan Teater Timur & Barat, 80 Tahun A Kasim Achmad. Jakarta: Pentas Grafika.
Yudiaryani. (2015). WS Rendra dan Teater Mini Kata. Yogyakarta: Galang Pustaka, bekerja sama dengan Istitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
Yunus, Umar, (1985), Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.