MAKNA FILOSOFIS MOTIF SENI UKIR REK PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v33i4.2921Abstract
References
Abdullah, M. A. (2021). Jejak Islamisasi di Negeri Palembang. Palembang: Amanah.
Abubakar, A., dkk. (2020). Oedjan Mas di Bumi Sriwijaya Bank Indonesia dan Heritage di Sumatera Selatan. Jakarta: Bank Indonesia Institute.
Akkapurlaura. (2015). “Pengembangan Motif Rantai, Tampuk Manggis, Pucuk Rebung, Siku Awan, dan Lebah Bergayut pada Kain Songket Melayu Riau” Seminar Nasional Cendekiawan 2015, Jakarta, Universitas Trisakti, 2015.
Ayatusa’adah & Dewi, (2017). Inventarisasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Kampus IAIN Palangka Raya Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan. Jurnal EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika: 5 (2), 50.
Azzahra, F. (2021). Visualisasi Pucuk Rebung Pada Batik Kain Panjang. (S-1). Kriya Seni Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Indonesia, Yogyakarta.
Edi, S., dkk. (2016). Ragam Hias Beberapa Masjid di Jawa : Kajian Sejarah Kebudayaan dan Semionetika. Mudra Jurnal Seni dan Budaya: 31 (2),158-166.
Farida, A. (2019). Fenologi Dan Karakterisasi Morfo-Agronomi Tanaman Bunga Matahari (Helianthus Annuus L.) Pada Kawasan Tropis. Jurnal Produksi Tanaman: 7 (5), 792–800.
Febriyanti, P. (2018). Tanaman Teratai Sebagai Inspirasi Penciptaan Motif Batik Tulis Dalam Kain Panjang. Kriya Seni Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Indonesia, Yogyakarta.
Gun F., dkk. (2018). Malay Wood Carving: The Godang House At Koto Sentajo. Proceeding 4th Iciap: Design And Planning In Disruptive Era.
Hanita Binti Yusof. (2018). Identiti Ukiran Kayu Bagi Rumah Limas Johor. Tesis Fakulti Alam Bina Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.
Hawa, S. (2017). Pengaplikasian Corak Tradisional Ukiran Kayu Melayu Ke Dalam Seni Seramik Kontemporari. Sarawak: Universiti Malaysia Sarawak.
Herianto. 2016. Ragam Motif Flora Pada Candi Bumiayu Sebagai Sumber Pembelajaran Ips Terpadu (Sejarah) Di Sekolah Menengah Pertama Sriguna Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah: 2 (1), 59.
Hudaidah. (2017). Perkembangan Tradisi Intelektual Di Kesultanan Palembang Darussalam (Studi Historis Tentang Warisan Pengetahuan Dan Teknologi Melayu Abad XVIII-XIX Masehi Dan Pelestariannya). (Dr.). UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia, Sumatera Selatan.
Hudaidah. (2021). Manik-Manik Komoditas Dagang Sriwijaya. Makalah Kajian Museum TPKS.
I, Gusti N.S. (2017). Perubahan Kreatifitas Seni Sebuah Proses Simbolis dalam Kategori Sejarah. Mudra Jurnal Seni dan Budaya: 32(2), 38-47.
Ilham & Mubarat. (2021). Studi Kerajinan Ukiran Kayu Di Museum Negeri Sumatera Selatan Sebagai Manifestasi Budaya Masa Lampau. Jurnal Imajinasi: 5 (2), 13.
Jazuli, A. K. (2016). Tinjauan Mashlahah Terhadap Perlindungan Seni Ukir Melalui Indikasi Geografis. Jurisdictie: Jurnal Hukum Dan Syariah: 17 (1), 20-32.
Kunian & Hidayat. (2020). Makna Simbolik Ragam Hias Pada Rumah Limas Palembang. Sintaka Jurnal: 5 (2), 5.
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wicana Yogyakarta.
Mainur. (2016). Seni Ukir Rek Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Sitakara Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya: 1 (1), 1-14.
Marjuki. (2009). Studi Tentang Proses Pembuatan Karya Ukir Siswa Kelas XI Program Teknologi dan Desain Kayu di Sekolah Menengah Kejuruan Kriya Sahid Sukoharjo tahun Ajaran 2007/2008. (S-1). Universitas Sebelas Maret, Indonesia, Surakarta.
Miftahuddin. (2020). Metodologi Penelitian Sejarah Lokal. Yogyakarta : UNY Press.
Mubarak & Iswandi. (2019). Pesona Ukiran Kayu Khas Palembang Pada Al Quran Al Akbar Religi, Seni, dan Kearifan Lokal. Palembang: Indo Global Pustaka.
Nugroho, F. & Anwar. 2016. Identifikasi Motif Ukiran Pada Arsitektur Rumah Limas Palembang. Koridor Jurnal Arsitektur dan Perkotaan: 7 (2), 1.
Paramadhyaksa & Widya, I. 2016. Filosofi Dan Penerapan Konsepsi Bunga Padma Dalam Perwujudan Arsitektur Tradisional Bali. Jurnal Langkau Betang: 3 (1), 29.
Prabowo, A. R. (2016). Kajian Struktur Motif Ragam Hias Tradisional Jawa Sebagai Dasar Acuan Desain Kriya Kayu. Laporan Penelitian Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Indonesia, Surakarta.
Pratama, Y. 2019. Rumah Limas: Refleksi Sejarah Akulturasi Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan. JHCJ: Jambura History And Culture Jurnal: 1 (1), 26-37.
Pratiwi, B.E. (2021). Motif Pucuk Rebung Pada Kain Tenun Songket Melayu Riau. (S-2). Pascasarjana Institut Seni Indonesia, Indonesia, Yogyakarta.
Rakhman, A. (2015). Arti Simbolis Dibalik Ornamen Rumah Limas Palembang. Ornamen Jurnal Kriya Isi Surakarta: 12 (1), 1-11.
Ratih, D. (2019). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi Misalin di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Jurnal Istoria: 15 (1), 47.
Rustiyanti, S. dkk. (2013). Estetika Tari Minang dalam Kesenian Randai Analisis TekstualKontekstual. Jurnal Seni & Budaya Panggung: 23 (1), 46.
Salam, S. dkk. (2017). The Symbolic Meanings of Toraja Carving Motifs. Jurnal Panggung: 27 (3), 290.
Setiono, dkk. (2013). Identifikasi Morfologi Aksesi Srikaya (Annona Squamosa) di Gedangsari Gunungkidul. Jurnal Agrosains: 15 (2), 32-35.
Sri, A. W & Dwi H. (2014). Strategi Pengusaha Rek Palembang dalam Mempertahankan Kelangsungan Hidup Perusahaan dan Faktor-faktor yang Mempengaru-hinya. Jurnal Profit: 1( 2), 185-196.
Viatra, A. W., & Anggraini, R. W. (2018). Kerajinan Ukiran Kayu Di Palembang. Mudra Jurnal Seni Budaya: 33 (1), 48–59.
Wiana, K. (2004). Mengapa Bali disebut Bali. Denpasar: Paramita.
Zubir, Z, dkk. (2012). Bunga rampai sejarah Sumatera Selatan: Sumatera Selatan dalam kajian sosial dan ekonomi. Padang: BPSNT PadangPress.
Bunga Melati – Taksonomi, Morfologi, Jenis, Makna, Fakta Unik & Manfaat. diakses pada 10 Maret 2022 dari https://rimbakita.com/bunga-melati
Listiyani, D. A. (2009). Sejarah 1 : Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional. diakses 10 Maret 2022 dari https://epaper.myedisi.com/bse/17561/index_70.html#page=2 Teratai; Bunga Matahari; Buah Srikaya. diakses 10 Maret 2022 dari https://id.wikipedia.org
Tunas Bambu. diakses 10 Maret 2022 https://dlhk.bantenprov.go.id/Tumbuhan Paku “Pteridophyta”: Pengertian, Ciri-ciri, Klasifikasi dan Daur Hidup. diakses 10 Maret 2022 dari https://www.atobasahona.com/2017/03/tumbuhanpaku-pengertian-ciri-klasifikasi-hidup.html
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.