RELASI VISUAL PADA KONTEN YOUTUBE ANDRA ALODITA DAN MEILINDA KORNELLIA MELALUI KAJIAN SEMIOTIKA

Authors

  • Ariani Kusumo Wardhani Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Irfandi Musnur
  • Hanisa Hassan

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v33i4.2906

Abstract

Media Youtube dan konten visual merupakan dua diksi yang melahirkan fenomena-fenomena baru dalam kajian tanda. Kehadiran media tersebut membongkar ketatnya produksi visual yang terlihat pada media televisi (konvensional). Menarikya, media Youtube kini membuka wahana baru dalam penciptaan relasi visual yang lebih longgar. Kebebasan ini menciptakan beragam kreatifitas dalam produksi visual. Tawaran baru bermunculan melalui tampilan visual “keseharian” dari para Vlogger maupun influencer. Khususnya pada “ beautyinfluencer”, produksi promosi melalui youtube tidak lagi menyuguhkan kompleksitas desain ala iklan televisi, namun visualisasi keseharian para influencer menggunakan skincare menarik banyak pengunjung maya. Persitiwa ini menjadi sebuah wacana yang sangat menarik untuk didiskusikan. Untuk itu, kehadiran penelitian ini mencoba mengungkap bagaiman relasi visual tersebut dapat terjadi melalui kajian semiotika intertekstual. Objek materi dalam kajian ini adalah dua beauty influencer perempuan Indonesia yakni Andra Alodita dan Meilinda Kornellia. Pendekatan jenis peneltian dilakukan melalui paradigma kualitatif dengan metode studi kasus. Melalui metode tersebut, data diperoleh dengan teknik observasi, literasi, pustaka dan analisa konten visual pada video Youtube. Selanjutnya pembahasan mendalam dilakukan melalui kajian semiotika intertekstual Charles Sanders Peirce. Pembacaan semiotika melalui Pierce membongkar persoalanpersoalan dalam kehadiran relasi tanda-tanda baru yang lahir dari para beauty influencer melalui media Youtube. Hal ini berimplikasi pada tawaran-tawaran baru dalam dunia kreatifitas periklanan yang lebih bebas. Keywords: beauty influencer, semiotika intertekstual, YouTube, Relasi Visual.

References

Al-Debei. 2015. “Consumer Attitudes towards Online Shopping.” Internet Research 25 (5): 707–733.

C H Maharaj , D O’Croinin, G Curley, B H Harte, J G Laffey. 2006. “A Comparison of Tracheal Intubation Using the Airtraq or the Macintosh Laryngoscope in Routine Airway Management: A Randomised, Controlled Clinical Trial.”

Anaesthesia 61 (11). https://doi.org/1093-9. doi: 10.1111/j.1365-2044.2006.04819.x.

Chandler, D. 2002. Semiotics: The Basic. New York, USA: Routhledge.

Fortin, D. R., & Dholakia, R. R. 2005. “Interactivity and Vividness Effects on Social Presence and Involvement with a Web-Based Advertisement.” Journal of Business Research 58 (3): 387–396. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0148-2963(03)00106-1.

Heinonen, J., Hytti, U., & Stenholm, P. 2011. “The Role of Creativity in Opportunity Search and Business Idea Creation.” Education + Training 53 (8–9): 659–672. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/00400911111185008.

Henderson, A. & Bowley, R.C. 2010. “Authentic Dialogue? The Role of ‘Friendship’ in a Social Media Recruitment Campaign 2014.” http://bebmen.com/4027/statistikinternet-sosial-media-danmobile-diindonesia.html.

Jappy, T. 2010. Regards Sur Le Poème Muet. Perpignan. Perpignan: Presses Universitaires de Perpignan.

Katelyn Y. A. McKenna, A. S. Green, M. E. J. Gleason. 2002. “Relationship Formation on the Internet: What’s the Big Attraction.” Social Issues 58 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1540-4560.00246.

Liang, T. and Turban, E. 2011. “Introduction to the Special Issue Social Commerce: A Research Framework for Social Commerce.” International Journal of Electronic Commerce 16 (1): 5–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2753/JEC1086-4415160201.

Mangold, W.G. and Faulds, D.J. 2009. “Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix.” Journal of Business Horizons 52 (2): 357–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002.

Mitoharoh, L. n.d. “EFEKTIFITAS IKLAN SPRITE VERSI CAK LONTONG KENYATAAN YANG MENYEGARKAN MENGGUNAKAN METODE EPIC.” http://repository.unmuhjember.ac.id/1380/1/ARTIKEL.pdf.

Musnur, I. 2020. “Analisis Visualisasi Iklan Minuman Segar Melalui Pendekatan Relasi Unsur Objek (Studi Kasus: Iklan Sprite Versi Kenyataan Yang Menyegarkan).” Jurnal Desain 7 (3): 243–56. https://journal.lppmunindra.

ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/6383/3335.

Palmer, S. E. 1975. Visual Perception and World Knowledge: Notes on a Model of SensoryCognitive Interaction. In D. A. Norman, D. E. Rumelhart, & the LNR Resev.Rch Group, Explorations in Cognition.

Piliang. 2010. Semiotika Dan Hipersemiotika: Kode Gaya Dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Raj, P. Prayer Elmo. 2015. “Text / Texts : Julia Kristeva ’ s Concept of Intertextuality.” Journal of Humanities and Social Sciences 2015 (3): 77–80.

Scholes, M. and Williams, J. 1977. “Estimating Betas from Nonsynchronous Data.” Journal of Financial Economics 5 (1): 11–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/0304-405X(77)90041-1.

Stephanie, C. dan Nistanto, R. K. 2021. “Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet Dan Medsos Setiap Hari.” Kompas. Com. 2021.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta.

Trusov, et al. 2009. “Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site.” Journal Of Marketing 73 (2): 90–102.

Udasmoro, W. 2018. Hamparan Praktik Ideologi, Media, Hingga, Kritik Postkolonial. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ulita, N. 2023. “TINJAUAN VISUAL BRAND IDENTITY BEBERAPA BRAND PRODUK MAKARONI PEDAS SEBAGAI ACUAN PERANCANGAN LOGO.” Jurnal Visualita 11 (196–215). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/view/8748.

Wardhani, A. 2019. “Perspektif Perempuan Urban Di Jakarta Pada Perubahan Majalah Digital.” Jurnal Deskomvis 1 (1): 28–45. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.5.

Zulkarnain, A. 2019. “‘Kajian Semiotika Intertektualitas Film Ralph Breaks The Internet.’” Senada: Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur 2 (1).

Published

2023-12-01

How to Cite

Wardhani, A. K., Musnur, I., & Hassan, H. (2023). RELASI VISUAL PADA KONTEN YOUTUBE ANDRA ALODITA DAN MEILINDA KORNELLIA MELALUI KAJIAN SEMIOTIKA. Panggung, 33(4), 495–508. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i4.2906

Citation Check