Bondres Clekontong Mas sebagai Media Pendidikan Etis dan Estetis di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v33i1.2472Abstract
References
Dibia, I Wayan. (2018). Kembara Seni I Wayan Dibia Sebuah Autobiografi, Yogyakarta: Lintang Pustaka Utama.
Dibia, I Wayan. (2017). Arja Anyar Seni Tradisi yang Dibarukan, Bali: Cakra Press.
Hadi, Sumandiyo. (2017). ”Keterlibatan dalam Seni Pertunjukan Sebagai Sebuah Metode Riset Penciptaan Seni, dalam Karya Cipta Seni Pertunjukan, Yogyakarta: JB Publisher.
Haryono, Timbul. (2006). “Sejarah Seni Pertunjukan dalam Perspektif Arkeologi”, Dalam Diskusi Sejarah Seni Pertunjukan dan Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta
Holt, Claire. (1967). Art in Indonesia: Continuities and Change, Alih Bahasa oleh R.M.Soedarsono, Melacak Jejak Perkembangan Seni Di Indonesia. Bandung: arti.line MSPI (Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia).
Hough, Brett. (2014). “Komunitas dan Kancah Budaya di Bali”, dalam Seni Pertunjukan Indonesia Pasca Orde Baru, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Kompasiana, 10 Januari (2017). “Etik, Etika, Etiket Dan Etos: Pengembangan Diri”, Kompasina.com/jappy
Liputan 6.com, Jakarta: 12/11/2021 “ulas tentang aesthetic adalah bahasa keindahan dan rasa lebih dalam”. Liputan 6.com
Nurcahyono, Wahid. (2017). “ Transfrmasi Pertunjukan Wayang Beber Jaka Kembang Kuning Menjadi Pertunjukan Teater Panggung”, dalam Jurnal Tonil JurnalKajian Sastra, Teater Dan Sinema. Volume 14 No. 1, (83—101).
Nurhayati, Diah Uswatun. (2011). “Gagasan-Gagasan Multikulturalisme Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Musik Tamansiswa Yogyakarta”, Yogyakarta, Disertasi Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni, Pascasarjana ISI Yogyakarta
Putra, Fisabil Mahardika. (2018). “Sakralisasi Vs Desakralisasi, Takhayul Vs Rasionalisme Dalam Studi Sejarah Kesenian Berutuk dari Desa Trunyan Bali”, Selonding (13) , 1905-1912
Piliang, Yasraf Amir. (2002). “Kebudayaan Indonesia Kontemporer dan Kaitannya Dengan Karya Cipta Seni”. Panggung (25), 1-13
Putri, Kasiani. (2021). “Lebih Dekat dengan Clekontong Mas Balinese Art Production, Sebulan Bisa Pentas Hingga 40 Kali”, dalam Tribun-Bali.com
Pramada, I Gede Yuda, I Nengah Mariasa, Trisakti (2022). “Implementasi Ajaran Tri Hita Karana pada Ritual Sanghyang Grodog di Desa Lembongan Klungkung Bali”. Panggung (32), 182-188)
Riyantika, Kirana. (2022). Cara Menyusun Naskah Lawakan Tunggal Untuk Kelas X Kurikulum Merdeka: Nakita.grid.id (download, 24 April 2023).
Rohmadi, Muhammad. (2010), “Strategi Penciptaan Humor Dengan Pemanfaatan Aspek-Aspek Kebahasaan”, Humaniora (22), 1-14
Sena, I Gusti Made Widya. (2022). “Tri Wisesa Yoga: Aspek Realisasi Holistik Menuju Kesadaran Sosio-Sp
Sudewi, Ni Nyoman dan dkk. (2019). “Legong dan Kebyar Strategi Kreatif Penciptaan Tari”. Mudra (34), 285—290
Sudarmo, Darminto M. (2015). HQ- Humor Quation Kecerdasan Homor, Jakarta: Kombat Publisher
Tukiran, Anton. 2005. “Seni Pemuasan Atas Hasrat Jiwa:Nietzsche, Freud dan Christopher Caudwell” dalam Teks-Teks Kunci Estetika, Filsafat Seni. Yogyakarta: Galang Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.