Penciptaan Kriya Logam Dekorasi Dinding Berbahan Limbah Alumunium
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v32i1.2117Abstract
Limbah logam mudah ditemukan, terutama dalam hal ini jenis limbah logam aluminium yang berasal dari bekas komponen onderdil otomotif, bekas alat rumah tangga, sisa bahan produksi barang, bekas kaleng makanan, dan lainnya. Limbah seperti tersebut menarik penulis untuk dibuat karya seni kriya logam jenis dekorasi dinding dua dimensi dengan memanfaatkan aluminium bekas untuk meningkatkan nilai prestise dan ekonomi. Capaian estetisnya dengan rekayasa pengaplikasian teknik esembling las aluminium, tempa, dan ukir etsa. Penelitian terapan ini menggunakan metode kualitatif eksploratif Practiced Based Research dengan menggali inspirasi berbagai limbah logam aluminium. Proses penciptaan dengan konsep eskplorasi melalui sketsa rancang bentuk, perwujudan, dan finishing. Rangkaian proses itu merupakan metode operasional penciptaan untuk menghasilkan karya seni kriya logam dekorasi dinding berjumlah dua karya yang unik dan artistik sesuai kaidah ilmu seni rupa. Karya ini menjadi prototipe yang dapat diaplikasikan pada industri manufaktur seni untuk meningkatkan ekonomi masyarakat bangsa Indonesia.
Kata kunci: kriya logam, dekorasi dinding, limbah, aluminium
References
Abdullah, R. (2010). Practice Based Research in art and design, Why not? Jurnal Perintis Pendidikan Fakulti Seni Lukis & Reka UiTM, 18.1, 41.
Anggraini, R., Alva, S., Yuliarty, P., & Kurniawan, T. (2018). Analisis Potensi Limbah Logam/Kaleng, Studi Kasus di Keluarahan Meruya Selatan, Jakarta Barat. Jurnal Teknik Mesin, 7 (2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22441/jtm.v7i2.3022
Arthana, I. K. R., Pradnyana, G. A., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Prototype Aplikasi Mobile Preservasi Warisan Budaya Indonesia Berbasis Crowdsourcing. Jurnal Sains & Teknologi, Vol. 7 No., 59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jst-undiksha.v6i2.11924
Dow, A. W. (1917). Modernism in Art. The American Magazine of Art, 8 (3).
Gray, C., & Mallins, J. (2004). Visualizing Research : a guide to the research process in art and design. Ashgate PublishingLimited and Ashgate Publishing Company.
Guntur. (2019). Inovasi pada Morfologi Motif Parang Batik Tradisional Jawa. Panggung Jurnal Seni Budaya, 29 (4), 377. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v29i4.1051
Hasibuan, R. P. (2020). SISI FEMINIM WANITA SEBAGAI IDE PENCIPTAAN SENI LUKIS. Journal of Contemporary Indonesian Art, VI (1), 41.
Irawani, T., & Hartono, B. (2017). MEMANFAATKAN LIMBAH ONDERDIL KENDARAAN. CORAK Jurnal Seni Kriya, 6 (1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/corak.v6i1.2391
Iryanti, V. E. (2016). KENIKMATAN ESTETIS DALAM SENI SUATU TINJAUAN FILOSOFIS. Imaji, 14 (2), 139–145. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v14i2.12177
Mustaqim, K., Adiwijaya, D. R., & Indrajaya, F. (2013). Penelitian Atas Penelitian Seni dan Desain: Suatu Studi Kerangka Filosofis-Paradigmatis Bagi Penelitian Seni dan Desain Visual. Humaniora, 4(2), 995. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3541
Rachmat, A., & Yuniadi, A. (2018). SIMBOLISME AYAM JAGO DALAM PEMBANGUNAN KULTURAL MASYARAKAT KABUPATEN CIANJUR. Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20 (3), 255. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14549
Savitri, S., Safitri, R., & Rachmat, G. (2021). Pemanfaatan Limbah Kayu sebagai Produk Cenderamata bagi Keluarga. Panggung Jurnal Seni Budaya, 31 (1) (pengolahan limbah). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i1.1534
Sedang, S. S. I. B. dan. (2018). INDIKATOR INDUSTRI MANUFAKTUR 2018 (Vol. 59). Badan Pusat Statistik.
Shlossberg, P. (2015). Crafting identity: Transnational Indian arts and the politics of race in central Mexico. Crafting Identity: Transnational Indian Arts and the Politics of Race in Central Mexico (First edit). University of Arizona Press.
Sudarwanto, A., & Darmojo, K. W. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KRIYA LOGAM DI DESA TUMANG CEPOGO BOYOLALI. CORAK Jurnal Seni Kriya, 7 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/corak.v7i1.2647
Sukmawardani, Y., & Hardiyanti, R. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI UNTUK ANALISIS KUALITATIF LOGAM BERAT PADA LIMBAH LABORATORIUM. Jurnal Tadris Kimiya, 2 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1880
Supriaswoto. (2019). Limbah Padat Alumunium: Nilai Tambahnya Digali Melalui Seni Kriya. BP ISI Yogyakarta, 95–101.
Tohani, E., & Sugito. (2019). Kebutuhan Inovasi, Modal Sosial, dan Proses Belajar Perajin Batik. Jurnal Economia, 15(No.1), 19. file:///C:/Users/User/Downloads/Innovation_Needs_Social_Capital_and_Learning_Proce.pdf
Widayanti, M. M. N. (2015). METODE PENCIPTAAN BIDANG SENI RUPA: Praktek Berbasis Penelitian (practice based risearch), Karya Seni Sebagai Produksi Pengetahuan dan Wacana. CORAK Jurnal Seni Kriya, Vol 4 No 1, 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/corak.v4i1.2358
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.