Strategi Evaluasi Formatif sebagai Peningkatan Keterampilan Menari

Authors

  • Dinny Devi Triana

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.157

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to improve her dancing skills through assessment strategies as a formative evaluation, thereby increasing  the dancing skills of students and faculty  assist in conducting the assessment is not only done in the midterm and final exams. This is necessary due to the charac- teristics of different dance practice  learning  the theory that is both classical  learning.  Based on these objectives,  then the classroom action  research (PTK) with design Clasroom Action  Re- search  developed Kemmish  and Tagart, where action  and observation conducted simultaneously. Results  from the study  showed a significant  increase,  where the percentage  increased  from a pre-condition  to cycle 1 was 17%, while  from  the  end of the  second  cycle  of 4.7%. Thus the assessment strategy as one of the formative evaluation will be to encourage  students  to improve the ability to dance,  because at this event will take place reflection  and does not cause psycho- logical distress as well as when testing skills.

 

Keywords: Assessment  strategies,  formative evaluation,  dancing  skills,  learningdance  practice

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menari melalui strategi penilaian sebagai evaluasi formatif, sehingga akan meningkatkan keterampilan menari peserta didik dan membantu tenaga pengajar dalam melakukan penilaian yang tidak hanya dilakukan dalam ujian tengah semester dan ujian akhir se- mester. Hal ini diperlukan karena karakteristik pembelajaran praktik tari berbeda dengan pembelajaran teori yang bersifat klasikal.Berdasarkan tujuan tersebut, maka dilakukan pe n e li ti a n t in da k an  ke la s ( P TK )  d e n g an  de sa i n  Cla s ro o m Act i on  Re s ea r ch ya n g dikembangkan Kemis dan Tagart, di mana tindakan dan observasi dilakukan bersamaan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, di mana pada prosentasi kenaikan dari pra kondisi ke siklus 1 sebesar 17%, sedangkan dari akhir siklus

2 sebesar 4,7%. Dengan demikian strategi penilaian sebagai salah satu evaluasi formatif akan dapat mendorong peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menari, karena pada kegiatan ini akan terjadi refleksi dan tidak menimbulkan tekanan psikologis seperti halnya apabila dilakukan tes keterampilan.

 

Kata kunci: Strategi penelitian, evaluasi formatif, keterampilan menari, pembelajaran praktek tari.

References

Aiken, R Lewis

88 Psychology Testing and Measurement.

Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Arikunto, Suharsimi

06 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Pra ktek Edis i Rev isi IV . Jak art a:

Rineka Cipta.

Kemmis, Stephen and McTaggart

99 The Action Research Planer. Austra-

lia: National Library of Australia.

Laban, Rudolf

92 T h e M a s t e r y o f M o v e m e n t .

Playmouth: Northcote.

Langer K, Susan

85 Problems of Art, terjemahan F.X.

Wid ar ya nt o d is te ns il ol e h A STI

B a n d un g . Ne w Yo r k : C h a r l e s

Cribner ’s Sons.

Martin, John,

89 T h e M o d e r n D a n ce . Ne w Yo r k :

Princeton Book Company.

Mulyana, dkk

04 E v a l u a s i P e n d i d i k a n . J a k a r t a :

lembaga Akta Mengajar Universitas

Negeri Jakarta.

Popham W, James

95 Classroom Assessment What Teacher

Need to Know. Boston: Allyn & Ba- con.

Slater, Wendy

93 Dance and Movement in The Primary

S ch o o l . P l a y m o ut h : No r t h c o t e

House.

Smith, Jacquline, terjemahan Ben Suharto

85 Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk

P r a k t i s B a g i G u r u. Yo g ya k a r t a :

Ikalasti.

Sudjana

96 Metode Statistika. Bandung: Penerbit

Tarsito.

Suryabrata, Sumadi

88 Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Thraves, Barbara and Diana Williamson

93 Now for a Dance. Albert Part: Phoe-

nix Education.

Triana D, Dinny

12 Disertasi: Pengaruh Penilaian Kinerja

d a n P e n g u a s a a n P e n g t a h u a n

Komposisi Tari Terhadap Kecerdasan

Kinestetik Peserta didik dalam Menata

Tari (Eksperimen pada Peserta didik

UNJ dan UPI Bandung).

Triana D, Dinny, Rahmida Setyawati

14 P r a k t i k Ta r i B e t a w i . J a k a r t a :

Indraprasta Gemilang.

Winkel, WS

97 Psikologi Pendidikan dan Evaluasi

Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Triana, D. D. (2016). Strategi Evaluasi Formatif sebagai Peningkatan Keterampilan Menari. Panggung, 26(1). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.157

Citation Check