Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun di Komunitas ‘Hong’ Bandung

Authors

  • Nia Dewi Mayakania

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v23i4.156

Abstract

ABSTRACT

 

This paper discusses educative values in Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun (KKBb) based on analysis which refers to aspects of musical, language and literature, and games, meanwhile the process of values internalization within KKBb is implemented through habituating which refers to three components: knowing nature, culture and God. The research used qualitative method, collect- ing data through literature study, observation, interview, and analyzing documents. The purposes of the research are: a) to resocialize KKBb; and b) to be another alternative of learning process either in the formal, informal, or non-formal education, as one of character educational models which is based on aesthetic and ethic. The result of the research shows that children’s games which are accompanied with song may develop children’s characters to be an authoritarial person.

 

Keywords: kakawihan kaulinan barudak buhun, character, and children

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Tulisan ini membahas nilai-nilai edukatif di dalam Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun (KKBb) berdasarkan kajian yang bertumpu pada aspek musikal, aspek bahasa dan sastra, serta aspek permainan, sedangkan proses internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam KKBb dilakukan melalui pembiasaan yang bertumpu pada 3 komponen yakni mengenal alam, budaya dan Tuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk a) mensosialisasikan kembali KKBb; dan b) dapat dijadikan sebagai suatu alternatif lain dalam proses pembelajaran di wilayah pen- didikan formal, informal, maupun non-formal, sebagai salah satu model pendidikan karak- ter yang berbasis estetika dan etika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan anak yang disertai nyanyian dapat menumbuhkan karakter anak menjadi sosok individu yang memiliki kepribadian.

 

Kata kunci: kakawihan kaulinan barudak buhun, karakter, dan anak

 

References

Abdullah Mustafa

“Dunia Anak-anakâ€. Artikel dalam

Pikiran Rakyat.

Atik Soepandi

Dasar-dasar Teori Karawitan. Seri A/I.

Bandung: Lembaga Kesenian Bandung.

A. Chaedar Alwasilah

Pokoknya Sunda, Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Kiblat dan Pusat Stu- di Sunda.

Bigot, Kohnstamm and BG Palland

t.t. Ilmu Jiwa Dan Pendidikan. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI.

Bunbury, Rhonda, ed.

More Than a Story. Victoria 3217: Dea- kin University.

Cassirer, Ernst

Manusia Dan Kebudayaan. Jakarta: Gramedia.

Djohan

Terapi Musik. Yogyakarta: Galang Press.

Duverger, Maurice

Sosiologi Politik. Disunting Alfian.

Jakarta: Rajawali.

Endang Sumantri

“Etika dan Moral dalam Pendidikan Umumâ€. Bahan Perkuliahan. UPI Ban- dung.

I Made Bandem

Melacak Identitas di Tengah Budaya Globalâ€. Dalam Jurnal Seni Pertun- jukan Indonesia. Tahun X-2000: MSPI.

Jakob Soemardjo

Filsafat Seni. Bandung: ITB Press.

Kaplan, David & Robert A. Manners

Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan. Yogyakarta: Madjelis Lu- hur Perguruan Taman Siswa.

Merriam, Alan P.

The Anthropology of Music. Northwest: University Press.

Nursid Sumaatmadja

Manusia Dalam Konteks Sosial, Buda- ya dan Lingkungan Hidup. Bandung: CV. Alfabeta.

Sofyan Sauri

“Filsafat Nilai Moral dalam Pendi- dikan Umumâ€. Bahan Perkuliahan. UPI Bandung.

Suhandi Suhamihardja

“Proses Enkulturasiâ€. Bandung: Fasa

UNPAD.

Winarno Surachmad

t.t. Psikologi Pemuda Indonesia. Bandung: C.V. Jemmars.

Sumber lain:

Kumpulan Makalah Pendidikan Karakter. Disampaikan pada Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama. Yogyakarta.

Downloads

Published

2013-12-01

How to Cite

Mayakania, N. D. (2013). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun di Komunitas ‘Hong’ Bandung. Panggung, 23(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v23i4.156

Citation Check