Bentuk dan Konsep Estetik Musik Tradisional Bali
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v25i1.14Abstract
Penelitian ini mengkaji dua elemen penting dalam musik tradisional Bali, yaitu bentuk dan konsep-konsep estetiknya. Bentuk dan konsep estetik akan memberikan identitas sebuah aktu- alitas musik sehingga dapat dibedakan dari yang lainnya. Selain itu melalui bentuk dan kon- sep-konsep estetik musik tertentu, kita dapat mengenal atau membaca unsur-unsur penting dari kebudayaan masyarakat pemiliknya. Musik tradisional Bali memiliki dua bentuk, yaitu ar- sitektonik yang sifatnya intelektualistik atau absolut dan simbolik yang sifatnya instingtif atau relatif. Kedua bentuk ini dapat dicermati dari lima hal, yaitu sumber bunyi (instrumentasi), musikalitas, ekspresi musikal, dan tata penyajiannya. Konsep keindahan musik tradisional Bali dapat diamati secara ilmiawi (science) yaitu menilai keindahan dengan perhitungan logis me- lalui standar-standar estetik yang telah ada dan melalui unsur filsafat tentang keindahan me- nyangkut berbagai wawasan keindahan yang dipersepsi oleh manusia. Memahami bentuk dan konsep-konsep estetik adalah awal yang sangat baik dan akan menuntun seseorang yang ingin belajar tentang musik tradisional Bali.
Untuk mengkaji bentuk dan konsep-konsep tersebut menggunakan teori bentuk estetis dengan metode kualitatif yang dibantu oleh data kualitatif. Hasil kajian ini menunjukkan bah- wa konsep estetik musik tradisional Bali dapat diamati yaitu adanya dua kekuatan oposisi yang mesti dipadukan untuk memenuhi unsur keindahan, seperti misalnya konsep lanang-wadon, polos-sangsih, pengumbang-pengisep, pesu-mulih, dan mebasang-metundun (asimetric balance) yaitu keseimbangan yang tidak simetris, namun hasil perpaduan keduanya adalah sebuah keindah- an. Begitu juga ada tiga unsur utama yang menentukan mutu karya seni, yaitu keutuhan, keru- mitan, dan kekuatan.
Â
Kata kunci: Musik tradisional Bali, bentuk dan konsep estetik
References
A.A. Made Djelantik
Pengantar Ilmu Estetika Jilid II. Den- pasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.
Anh, To Thi
Nilai Budaya Timur dan Barat: Konflik atau Harmoni. Jakarta: PT Gramedia.
Covarrubias, Miguel
Island Of Bali. Kuala Lumpur: Oxford
University Press.
Dickie, George
Aesthetics An Introduction. Pegasus, Bobbs-Merriil Educational Publish- ing Indianapolis.
Djohan
Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku
Baik.
Harnish, David
“The World of Music Composition in Bali†dalam Journal Musicological
Research Vol. 20, pp. 1-40. Malaysia:
Overseas Publisher Assocoation.
Holt, Claire
Art in Indonesia Continuities and Change.
Ithaca New York: Cornell University
Press.
Hood, Mantle
The Ethnomusicologist. The Kent State
University Press.
I.B. Mantra
Bali: Masalah Sosial Budaya dan Mo- dernisasi. Denpasar: PT Upada Sastra.
I Gede Arya Sugiartha
Gamelan Pegambuhan â€Tambang Emas†Karawitan Bali. Denpasar: Sari Kahy- angan.
---------------,
â€Pergulatan Ideologi Dalam Pencip- taan Musik Baliâ€, Makalah Seminar Nasional Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, 7 Nopember 2014.
I Ketut Donder
Esensi Bunyi Gamelan dalam Prosesi
Ritual Hindu. Surabaya: Paramita.
I Made Bandem
Prakempa Sebuah Lontar Gambelan Bali.
Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia.
---------------,
Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah.
Denpasar: BP STIKOM Bali.
James Danandjaja
Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti.
Langer, Suzanne K
Problematika Seni, Terj. Fx. Widaryan- to, Bandung: Akademi Seni Tari In- donesia.
Lindsay, Jennifer
Klasik, Kitsch, Kontemporer. Yogyakar- ta: Gadjah Mada University Press.
Mack, Dieter
Ilmu Melodi. Yogyakarta: Pusat Musik
Liturgi.
McPhee, Colin
Music In Bali A Study in Form and In- strumental Organization in Orchestral Music. New Haven and London: Yale University Press.
Merriam, Alan P
The Anthropology Of Music. North western: University Press.
Muhammad Syafiq
Ensiklopedi Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Pande Made Sukerta
Gong kebyar Buleleng: Perubahan dan Keberlanjutan Tradisi Gong kebyar. Su- rakarta: Program Pascasarjana beker- ja sama dengan ISI Surakarta Press.
Read, Herbert
Pengertian Seni. Yogyakarta: Saku
Dayar Sana.
Soedarsono
â€Hand Out Pengantar Sejarah Seni†(diktat mata kuliah). Yogyakarta: Pro- gram Pascasarjana Universitas Ga- djah Mada.
Sp. Soedarso
Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Da- yar Sana.
Tenzer, Michael
Balinese Music. Berkeley: Periplus
Edition.
Toth, Andrew
“Selera yang Selaras: Pepatutan Gong Ditinjau dari Segi Akustika dan Estetikaâ€, dalam Jurnal Mudra. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indo- nesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.