Penokohan Film Sawung Kampret Karya Dwi Koendoro (Dwi Koen) Dalam Perspektif Strukturalisme
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v25i1.11Abstract
Tulisan ini berisi  kajian penokohan film Sawung Kampret yang diadaptasi dari komik Le- genda Sawung Kampret. Kajian ini menarik karena dua hal. Pertama, komik dan film adaptasi- nya diciptakan dan disutradarai oleh orang yang sama, yakni Dwi Koendoro. Kedua, kajian film yang diadaptasi dari komik Indonesia merupakan yang pertama. Melalui pendekatan struktural Ferdinand de Saussure, kajian berpusat pada relasi berbagai elemen penokohan yang membentuk keutuhan struktur narasi film. Didapat beberapa temuan menarik dimana unsur kelucuan pada penokohan film Sawung Kampret direlasikan dengan sejarah, hingga mampu membentuk narasi asosiatif yang mengusung nasionalisme berdasar nilai kemanusiaan, kebe- ragaman etnis dan budaya. Fakta tersebut menunjukkan bahwa melalui film Sawung Kampret, Dwi Koendoro mampu menciptakan perspektif struktur baru dengan melakukan kritik terha- dap struktur lama. Pasangan berlawanan (binary opposition) dalam sistem lama coba diperta- nyakan. Sebagai hasil akhir maka dapat disimpulkan bahwa film Sawung Kampret merupakan film parodi sejarah yang sarat akan muatan pesan moral dan nasionalisme.
Â
Â
Â
Kata kunci: film, adaptasi, penokohan, struktur, relasi
References
Acep Iwan Saidi
Bangsa Yang Mencampakkan Petani, Merusak Kebudayaan. Makalah. (ti- dak diterbitkan)
---------------,
Narasi Simbolik Seni Rupa Kontemporer
Indonesia. Yogyakarta: ISAC BOOK.
Berger, Richard
‘Are There Any More at Home Like You?’: Rewiring Superman: Journal of Adaptation in Film and Performance.
(1): 87-101.
Cobb, Shelley
Adaptation, Fidelity, and Genedered
Discourses: Adaptation. 4 (1): 28-37.
Dwi Koendoro
Yuk Bikin Komik. Bandung: Mizan
Media Utama.
Eder, Jens
Understanding Characters: Berghahn
Journals. ISSN 1934-9688 (Print), ISSN
-9696(Online) 4 (1): 16-40.
Gordon, Ian, Mark Jancovich and Mathew
Film and Comic Books. Mississipi: As- sociation of American University Press.
Himawan Pratista
Memahami Film. Yogyakarta: Home rian Pustaka.
Hutcheon, Linda
A Theory of Adaptation. New York: Routledge
Lafevre, Pascal
Incompatible Visual Ontologies? The
Problematic Adaptation of Drawn I-
mage. Film and Comic Books. Missisippi:
Association of American University
Press.
Metz, Christian
Film Language: A Semiotics of the Ci- nema. Trans. Michael Taylor. New York: Oxford University Press.
Muhammmad Nashir Setiawan
Menakar Panji Koming. Tafsiran Komik Karya Dwi Koendoro Pada Masa Refor- masi Tahun 1998. Jakarta: PT Kompas MediaNusantara.
Robinson, Benjamin
Batman and Batman Returns: Adapt
ing A Comic Book Superhero to The
Silver Screen. Thesis. California: Chapman University.
Sumber Lain: Sigit Kurniawan
Adaptasi Film ke Komik, Bakal Jadi
Tren? Diunduh 5 Agustus 2014, pkl
45 dari http://www.the-marke- teers.com/archives/adaptasi-film-ke- komik-bakal-jadi-tren.html.
http://id.wikipedia.org/wiki/Si_Buta_Dari_ Gua_Hantu (2014). Diunduh 20 September
, pkl 21.50 wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.