STRATEGI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK BER-ORIENTASI KEPROFESIAN DESAIN INTERIOR

Authors

  • Riana Safitri Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/atrat.v6i1.577

Abstract

Competence graduates provide opportunities the field of work broader and better. Interior designers are expected to have the ability of technical drawing as one of whose competence expected in its profession.The qualitative studies described this strategy and orientation, analyze interests, and then find strategy and orientation of learning technical drawing in Bandung Institute of Technology and National Institute of Technology which are oriented on interior design profession. Learning technical drawing directed at profession in the material, planting attitude and ways of working through tasks, and the order tasks adapted to working order simulated from the process of their implementation in the world of work. This research recommend design of strategic learning that oriented in Design Interior profession expected in accordance with the needs of stakeholders. 

Keywords: Strategic Learning, Learning Orientation, Technical Drawing, Design Interior Profession

___________________________________________________________________

 

Kompetensi lulusan memberikan peluang bidang kerja lebih luas dan lebih baik. Desainer Interior diharapkan memiliki kemampuan technical drawing sebagai salah satu kompetensi yang diharapkan dalam keprofesiannya. Penelitian kualitatif ini mendeskripsikan strategi dan orientasi, menganalisis kepentingan-kepentingan, untuk kemudian menemukan strategi dan orientasi pembelajaran Gambar Teknik di ITB dan ITENAS yang ber-orientasi pada keprofesian desain interior. Pembelajaran Gambar Teknik diarahkan pada keprofesian dalam materinya, penanaman sikap dan cara kerja melalui tugas-tugas, dan urutan tugas disesuaikan dengan urutan kerja disimulasikan dari proses pelaksanaannya di dunia kerja. Penelitian ini merekomendasikan rancangan strategi pembelajaran yang ber-orientasi pada keprofesian yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Orientasi Pembelajaran, Gambar Teknik, Profesi Desain Interior

References

Buchori Z. I. (2010). Wacana Desain. Penerbit ITB, Bandung.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

French, T. E. and Svensen, C. L. (1957). Mechanical Drawing. Mc Graw-Hill. Book Co, Inc.

Giesecke, F. E. (2001). Gambar Teknik. Edisi ke sebelas, jilid 1 & 2. Erlangga, Jakarta.

Lawson, B. (2007). Bagaimana Cara Berpikir Desainer (How Designers Think). Jalasutra, Yogyakarta/ Bandung.

Lubis, H. (1999). Gambar Teknik (Diktat Kuliah). Jurusan Desain FSRD-ITB, Bandung.

McDermott, C. (2007). Design, The Key Concepts. Routledge, UK/ USA/ Canada.

Soemardjo, J. (2000). Filsafat Seni. Penerbit ITB, Bandung.

Rader, M. (t.t.). A Modern Book of Aesthetics. Page 224-270.

Tabrani, P. (2000). Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. Penerbit ITB, Bandung.

Tarjo, E. dan Ganda P. N. (2009). Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Rupa. Penerbit CV Bintang Warli Artika, Bandung.

Published

2018-08-28

How to Cite

Safitri, R. (2018). STRATEGI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK BER-ORIENTASI KEPROFESIAN DESAIN INTERIOR. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 6(1). https://doi.org/10.26742/atrat.v6i1.577

Citation Check