Pengenalan Warna Primer untuk Menggambar Kepada Siswa MTS Al-Khoiriyah Ciranjang Cianjur

Authors

  • Fadhila Luqman

DOI:

https://doi.org/10.26742/atrat.v11i1.2840

Abstract

This study aims to educate the first grade students of MTS Al-Khoiriyah in Nanggalamekar Village about the primary color and its mixing techniques. The location of this research was conducted in MTS Al-Khoiriyah, Nanggalamekar Village, Ciranjang District, Cianjur Regency, Jawa Barat, for the reason that they deprived art education even though they had high enthusiasm about things that related to art. This research is a qualitatitve research with the Research and Development (R&D). Research and Development aims to produce human resources with knowledge and skill about basic visual art which is color and color mixing. This research emphasizes according to practical activity and exploration and Brewster’s color theory approach. Keyword: Ciranjang, Primary Color, School ------------------------------------------------------------------------------------ Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi kelas 1 di MTS Al-Khoiriyah Desa Nanggalamekar mengenai warna primer dan teknik pencampuran warnanya. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTS Al-Khoiriyah Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan alasan kurangnya pendidikan kesenirupaan yang diajarkan disana padahal desa tersebut merupakan salah satu desa dengan antusiasme tinggi akan hal-hal berbau seni. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tahap penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian dan Pengembangan bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan mengenai dasar-dasar seni rupa yaitu warna dan pencampuran warna. Penelitian ini menekankan praktik dan eksplorasi serta pendekatan teori warna Brewster. Kata Kunci: Ciranjang, Warna Dasar, Sekolah

References

Hendriyana, H. (2020). Rupa Dasar (Nirmana): Asas dan Prinsip Dasar Seni Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Herlina, Heni dkk. (2022). Analisis Penerapan Kegiatan Mencampur warna

Menggunakan Cat Akrilik Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Anak Usia Dini. JoEE 2 (1) (2021) : 49-55.

Kusumayorno, R.Susanto. (2013). Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Nyata Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup (Studi Di SMP Kabupaten Garut:

Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Lusia Nainggolan, L. (2022). Analisis Metode Eksperimen Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Taruna Andalan Kecamatan Kerinci T.A 2020/2021. Jurnal Usia Dini, 8(1), 2-3.

Natsir, A. (2013). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar dalam Melukis Menggunakan Media Pensil Warna. (Skripsi, Universitas Negeri Makassar, 2013) Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/5541/

Nawawi, H.Hadari. (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yoyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suparta, I Made. (2010). Unsur-Unsur Seni Rupa. Repositori ISI Denpasar, 8, 1-2. Diakses dari https://repo.isi-dps.ac.id/125/

Susanto, Mikke. (2003). Membongkar Seni Rupa. Yogyakarta: Penerbit Jendela.

Published

2023-11-06

How to Cite

Luqman, F. (2023). Pengenalan Warna Primer untuk Menggambar Kepada Siswa MTS Al-Khoiriyah Ciranjang Cianjur. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 104–110. https://doi.org/10.26742/atrat.v11i1.2840

Citation Check